Apa yang Dimaksud dengan Brainstorming? Kenal Lebih dekat!

By Admin - 22 January 2024
DAFTAR ISI

Mungkin bagi Anda yang berada di dunia kerja atau di sekolah menengah sudah tidak asing dengan istilah ini. Atau mungkin apabila Anda belum pernah mendengarnya, tetapi pasti dalam hidup kalian pernah melakukan ini karena kegiatan berkelompok untuk menemukan ide ini tidak pernah terpisahkan dalam menyelesaikan masalah. Entah itu project, kerja kelompok, diskusi ringan, ataupun pembicaraan lainnya yang membawa pada sebuah topik tertentu. Lalu apa yang dimaksud dengan brainstorming? Arti brainstorming itu apa?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang pengertian brainstorming, sudah dipastikan bahwa Anda seluruhnya pernah terlibat dalam mengumpulkan ide dan gagasan. Nah, kegiatan ini merupakan hal yang sudah tidak dapat dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari dan dilatih sejak duduk di bangku sekolah dasar. Masih ingat ketika Anda dijadikan dalam satu kelompok secara random oleh guru Anda untuk mengerjakan tugas sekolah? Nah, hal tersebut merupakan stimulus dasar dari adanya kegiatan brainstorming ini.

Apabila ditelisik lebih dalam lagi, brainstorming memang memiliki manfaat yang begitu besar dan dampak yang sangat baik apabila telah dibiasakan sejak kecil. Selain mendukung anak menjadi lebih kreatif, kegiatan berkelompok ini juga akan memupuk rasa kebersamaan, kepemimpinan, penyelesaian masalah, dan bagaimana seseorang dalam menyampaikan pendapat dalam kelompok kecil agar nantinya ketika dewasa tidak gugup dalam diskusi besar. Lalu bagaimana sih sebenarnya implementasi dari kegiatan ini?
Pengertian Brainstorming

Memahami Lebih Dekat Mengenai Brainstorming

Diambil dari serapan berbahasa Inggris, yaitu brain dan storm, arti brainstorming dalam Bahasa Indonesia yang mana adalah metode yang dilakukan untuk memperoleh sebuah ide ataupun gagasan dalam konteks tertentu menggunakan metode berkelompok. Umumnya, kelompok ini tidak akan terdiri dari lebih 5 orang. Namun biasanya apabila eksekusi project yang dilakukan cukup besar, maka akan terdapat beberapa kelompok kecil yang disesuaikan dengan hal yang dibutuhkan untuk mengeksekusi sebuah project besar tersebut.

Jadi sederhananya, brainstorming ini dapat dikatakan sebagai teknik untuk konferensi para pesertanya untuk mencari solusi ataupun rekomendasi atas beberapa pilihan yang mungkin diaplikasikan pada konteks permasalahan atau isu yang sedang dibahas yang terjadi secara spontan. Spontan disini berarti ketika antara satu orang dan orang lainnya saling bertukar pendapat. Apa yang dimaksud dengan brainstorming dan pendapat apa yang dibahas sekaligus diperdebatkan ini akan selalu meliputi mosi yang sedang berlangsung dibahas. Sehingga kekayaan dari argumentasi tersebutlah yang mendorong adanya ide terbentuk.

Namun jangan salah, meskipun terjadi secara spontan, jawaban-jawaban tersebut akan selalu dibatasi pada permasalahan yang sedang dibahas dan merupakan pendapat atau argumen yang membangun, mendukung, dan logis sehingga dapat dipertanggungjawabkan kepada pemimpin brainstorm. Pendapatan tersebut akan dikumpulkan dan diambil manakah yang paling relevan untuk digunakan sebagai pedoman dan dicapai dalam tim. Lalu bagaimanakah cara membatasi hal tersebut di tengah debat yang mungkin akan berlangsung dengan sangat panas dan menarik ini agar tidak meluas?

Teknik-Teknik Untuk Melakukan Brainstorming Agar Efektif

Jadi, jika ada pertanyaan jelaskan apa yang dimaksud dengan brainstorming sudah pasti Anda bisa menjawabnya ya. Sekarang bahas yuk teknik teknik melakukan brainstorming yang efektif. Apabila di breakdown dalam beberapa metode terdapat tiga cara yang mampu Anda tempuh untuk mencari ide terbaik dalam identifikasi masalah Anda. Ada apa sajakah itu dan bagaimana melaksanakannya?
Mind map dalam brainstorming

Menggunakan Mind Map

Ini adalah hal yang paling dasar dan sering dilakukan oleh para industri kreatif maupun korporat dalam menjabarkan masalah. Dalam metode ini Anda dapat menggambarkan pola-pola isu dari yang paling umum ke yang paling kecil berupa identifikasi faktor, peluang, solusi, kelebihan dan kekurangan, dan lain sebagainnya. Anda hanya perlu papan dan alat tulis untuk mempermudah visualisasi yang nantinya mempermudah anggota brainstorming dalam memahami makna.

Melakukan Penulisan Ide Setiap Anggota

Karena kembali lagi pada karakter individu yang tidak bisa disamaratakan. Oleh sebab itu apa yang dimaksud dengan brainstorming yang mana tidak lepas dari bagaimana cara menyampaikan pendapat pasti akan menjadi hal yang sulit untuk diutarakan langsung oleh para introvert. Namun meskipun demikian, mereka bisa menyampaikan pendapatnya secara anonym dengan menuliskan ide melalui kertas atau tools online yang sudah ada saat ini. Metode ini juga efektif karena tidak seluruh khalayak mampu mengucapkan langsung apa yang ada dipikirannya saat ini.

Mengadopsi Analisis SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, Threats)

Pilihan ketiga ini merupakan yang sangat efektif dan ampuh khususnya di bidang bisnis, karena disini Anda akan bisa menganalisis sumber masalah dan solusi dalam peta-peta konsep yang terstruktur. Dengan menggunakan metode ini Anda akan dengan mudah memilih solusi paling tepat dan orientasi masalah yang harus diselesaikan terlebih dahulu karena urgensi yang ada. Perlu diingat bahwa semua bidang brainstorming bisa menggunakan teknik ini ya, semua tergantung pada preferensi masing-masing anggota kelompok dalam menggunakannya.

Jadi bagaimana, apakah sudah mengenal apa yang dimaksud dengan brainstorming? Sistem pemecahan masalah ini sangat penting dan tidak akan terlepas dalam kehidupan kita. Yuk latih mulai sekarang!

Jual Beli Properti Rumah Apartemen Tanah