10 Dekorasi Rumah Sederhana Tapi Elegan untuk Hunian Cantik

By Sulis - 17 November 2023
DAFTAR ISI

Siapa bilang mempercantik rumah musti menyiapkan anggaran besar? Anda bisa menggunakan bermacam dekorasi rumah sederhana tapi elegan untuk membuat hunian lebih estetik.

Menambahkan dekorasi atau hiasan kecil saja dapat menghadirkan nuansa yang berbeda pada hunian Anda.

Nah, hiasan ini tidak harus berupa perabot mewah dan pajangan dengan mahal. Anda dapat berkreasi dengan barang-barang sederhana dan perabotan yang ada di rumah.

Dekorasi Rumah Sederhana Tapi Elegan

Menampilkan kesan elegan pada rumah bisa dihasilkan dengan penggunaan furniture dan dekorasi secara kreatif. Jadi, Anda dapat mempercantik hunian tanpa harus menghabiskan banyak biaya.

Nah, berikut beberapa ide dekorasi rumah sederhana tapi elegan yang bisa Anda coba:

1. Memilih Warna Cat yang Sesuai Tema Hunian

Cat Dekorasi Rumah Sederhana tapi Elegan

Sumber: Canva

Tampilan dinding berpengaruh besar pada suasana ruangan. Maka tidak heran jika banyak orang yang melakukan dekor sederhana dengan mengecat.

Setiap warna mampu memberikan kesan tersendiri, sehingga Anda perlu bijak dalam memilih warna. Sebaiknya menerapkan cat dengan warna yang sesuai dengan tema hunian.

Sebagai contoh, warna-warna terang dan soft seperti putih dan pastel lebih cocok untuk rumah minimalis. Sedangkan untuk rumah dengan gaya industrial, biasanya menggunakan tone warna yang terkesan maskulin, seperti abu-abu.

2. Mengaplikasikan Wallpaper untuk Menambah Kesan Estetik

wallpaper

Sumber: Canva

Wallpaper dapat menjadi alternatif yang menarik dari cat dinding. Apalagi, jika Anda ingin menghadirkan suasana berbeda dengan pola dan gambar.

Salah satu jenis wallpaper yang sedang booming yaitu wallpaper emboss (timbul). Motif yang tersedia ada banyak variasinya, seperti motif bata ekspos, batu alam, tumbuhan, dan banyak lagi.

Anda dapat mengaplikasikan wallpaper emboss bermotif batu alam pada sisi tertentu ruangan untuk memberikan sentuhan natural.

Tidak harus wallpaper emboss, Anda juga bisa menemukan banyak wallpaper biasa yang cocok untuk menjadi dekorasi rumah elegan. Sama halnya seperti pemilihan cat, sebaiknya menggunakan wallpaper yang sesuai dengan tema ruangan.

3. Memilih Hiasan Simple dan Furniture dengan Ornamen Minimalis 

Dekorasi Rak Hexagonal

Sumber: Canva

Termasuk kiat dekorasi rumah sederhana tapi indah adalah pemilihan ornamen yang tidak terlalu ramai. Pasalnya, memasang ornamen yang berlebihan justru bisa membuat kecantik rumah berkurang.

Alih-alih dekorasi yang heboh, sebaiknya memilih hiasan dengan gaya minimalis, misalnya lukisan. Anda juga bisa menambahkan rak berbentuk heksagonal pada dinding kemudian memasang beberapa pajangan, seperti tanaman hias kecil.

Furniture dalam rumah juga sebaiknya bergaya minimalis. Sebaliknya, hindari furniture dengan banyak detail rumit.

Sebagai contoh, memilih sofa dengan garis yang jelas tanpa banyak aksen. Untuk mempercantik, bisa menambahkan beberapa bantal sofa dengan motif menarik.

4. Menempatkan Cermin pada Sudut Ruangan

Cermin di Sudut Ruangan

Sumber: Canva

Menggunakan cermin sebagai dekorasi ruangan dapat memberikan kesan lebih luas dan lega. Tempatkan cermin besar pada dinding atau cermin berdiri pada sudut ruangan.

Selain itu, Anda bisa membuat rumah tampak lebih elegan dengan menempatkan cermin estetik. Misalnya, dengan memilih cermin yang memiliki bingkai dari kayu warna soft ala gaya interior Skandinavia.

5. Menempatkan Pot Berisi Tanaman Hias

Pot Tanaman Hias

Sumber: Canva

Pot berisi tanaman hias sebagai dekorasi luar rumah maupun dalam ruangan mampu memberikan sentuhan alami dan membuat suasana lebih sejuk.

Sebuah pot kecil dengan bentuk estetik dan tanaman hidup di atas meja dapat mempermanis ruangan. Anda bisa memilih tanaman indoor yang perawatannya mudah, seperti kaktus dan sukulen lainnya.

Bisa juga menempatkan tanaman yang menjulur pada pot gantung. Misalnya, kaktus anggur, sirih gading, dan jenggot Musa.

6. Menambahkan Lampu Berdiri dengan Bentuk Unik

Lampu Berdiri

Sumber: Canva

Lampu berdiri bisa menjadi pilihan dekorasi rumah sederhana tapi elegan. Pilihkan lampu berdiri dengan bentuk yang estetik, lalu tempatkan pada sudut ruangan untuk menampilkan kesan yang berbeda.

Dekorasi berupa lampu merupakan trik yang ampuh untuk membuat ruangan tampak lebih hidup, terutama pada ruangan dengan cat warna gelap.

Cahaya dari lampu akan menyorot area sekitarnya dan menghadirkan nuansa yang beda ketika menyala. Supaya terlihat menyatu, sebaiknya memilih bentuk lampu berdiri yang sesuai dengan tema ruangan.

7. Mengganti Karpet Bermotif Elegan

Dekorasi Rumah Berupa Karpet

Sumber: Canva

Ide dekorasi rumah sederhana tapi mewah tidak harus berupa pajangan. Kamu bisa menggunakan perabotan yang fungsional seperti karpet untuk mempercantik ruangan.

Pilihlah karpet dengan corak dan warna yang elegan untuk memberikan kesan classy dan mewah. Sebaiknya memilih karpet yang menonjolkan tekstur dan pola agar.

Selain itu, sesuaikan juga corak karpet dengan tema ruangan. Untuk ruangan minimalis, lebih cocok menggunakan karpet dengan corak netral yang mampu menonjolkan kesan bersih dan rapi.

Sementara, jika kamu ingin memberikan kesan dramatis, maka bisa memilih karpet dengan corak yang lebih berani.

Apabila ingin menjadikannya sebagai pusat perhatian, maka penempatan karpet bisa pada bagian tengah ruangan atau di bawah meja.

8. Menggunakan Gorden yang Cantik

Gorden yang Cantik

Sumber: Canva

Penggunaan gorden yang pas sangat efektif untuk membuat ruangan terlihat lebih elegan. Apalagi, untuk rumah minimalis yang ukuran ruangannya kecil.

Penambahan terlalu banyak elemen dekorasi dapat membuat ruangan kecil makin terasa sempit. Nah, gorden cantik bisa menjadi penyelamat yang membawa kesan berbeda ke dalam hunian Anda.

Ada banyak desain gorden modern yang tampil simple sekaligus elegan. Jika ruangan Anda terbilang kecil, maka sebaiknya memilih gorden warna terang yang memungkinkan cahaya masuk serta memberikan kesan lebih luas.

9. Melapisi Meja Dapur Agar Terkesan Mewah

Taplak Meja

Sumber: Canva

Dekorasi rumah minimalis idealnya mengutamakan penggunaan ruang secara optimal. Maka dari itu, biasanya pemilik rumah minimalis lebih suka mempercantik bagian rumah yang sudah ada tanpa menambahkan dekorasi lain.

Jadi alih-alih merenovasi seluruh ruangan, Anda bisa memperbaiki bagian tertentu ruangan atau furniture-nya. Salah satunya yaitu dengan melapisi meja dapur.

Anda bisa menggunakan lapisan bercorak granit atau marble untuk memberikan nuansa yang lebih elegan pada dapur.

Selain memperhatikan kualitas pelapis meja, sebaiknya memilih warna yang netral dan cukup terang supaya dapur tampil bersih.

10. Vas Bunga dari Kaca dan Logam

Vas Bunga Kaca

Sumber: Canva

Selain unsur tanaman, vas yang cantik mampu menghadirkan suasana yang berbeda dalam rumah Anda.

Vas bunga yang berbahan kaca dan logam memiliki tampilan estetik dengan sentuhan modern.

Jenis vas ini terdiri dari dua bagian, yaitu penyangga yang berupa logam dan bagian inti vas dari kaca. Perpaduan keduanya menciptakan tampilan yang unik. Terlebih lagi, bagian penyangga biasanya menggunakan warna logam yang terkesan mewah.

Anda dapat menempatkan rangkaian bunga cantik sesuai selera dalam vas ini. Kemudian, letakkan pada meja untuk menghidupkan suasana dalam rumah.

Nah, itu dia beberapa dekorasi rumah sederhana tapi elegan yang bisa menambah ide. Semoga rumah yang Anda huni bersama keluarga bisa menimbulkan kesan nyaman.

Jual Beli Properti Rumah Apartemen Tanah