5 Cara Membuat Taman di Depan Rumah

By Admin - 29 August 2022
DAFTAR ISI

Tempat tinggal di wilayah perkotaan biasanya tidak memiliki sebuah taman karena keterbatasan lahan. Akan tetapi sebenarnya apakah Anda tahu bahwa ada cara membuat taman di depan rumah yang indah meski sederhana?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dengan memilih material dan tanaman keras untuk memaksimalkan nilai keindahan dari sebuah taman. Lalu apa saja cara membangun taman indah di depan rumah? Ini dia penjelasan selengkapnya.

Cara Membuat Taman Minimalis di Depan Rumah

Pilihan benda-benda untuk menghiasi taman bisa pohon teh-tehan, lidah mertua, anggrek, hydrangea, batu alam, kerikil dan sebagainya. Adapun untuk cara-caranya bisa Anda lihat pada uraian di bawah ini.

1. Memilih Jenis Tanaman yang Hendak Ditanam

Cara membuat tanam bunga yang pertama adalah mengetahui jenis tanamannya lebih dulu. Ada taman dengan tanaman berbunga, buah-buahan, tanpa bunga dan sayur-sayuran. Nah jadi jenis tanaman apa yang cocok untuk taman rumah Anda?
cara membuat taman di halaman rumah

Jika tujuan membuat sebuah taman ini untuk menambah estetika saja Anda bisa membuat taman dengan tanaman bunga atau tanpa bunga. Adapun jika ingin membuat tanaman sayur-sayuran dan buah-buahan bisa memilih beberapa tanaman sebagai berikut:

  • Lidah Buaya
  • Lidah Mertua
  • Palem
  • Aglaonema
  • Lompong
  • Ajuga
  • Caladium
  • Kaktus
  • Bunga daffodil
  • Bunga Impatiens
  • Bunga petunia
  • Bunga spirea
  • Bunga marigold
  • Bunga euphorbia
  • Bunga mawar

2. Menyiapkan Media Tanam

Setelah mengetahui ingin menanam apa di taman, cara membuat taman sederhana di depan rumah yang berikutnya adalah dengan menyiapkan media tanamnya. Anda bisa menyiapkan arang, sabut kelapa atau sekam, tanah dan kompos.

Nantinya semua bahan-bahan ini akan langsung diletakkan ke dalam pot atau langsung di lahan dengan mengusung konsep taman terbuka. Tentu tidak bisa memilih media tanam sembarangan karena berpengaruh pada hasilnya nanti.

Anda bisa memilih kompos yang banyak mengandung unsur hara seperti pupuk kandang. Pupuk kandang ini nantinya akan menjadi sumber nutrisi bagi tanaman agar bisa tumbuh lebih sehat.

3. Membuat Denah Kasar Terkait Konsep Taman Minimalis

Cara membuat taman depan rumah sederhana yang berikutnya adalah dengan membuat sebuah denah kasar. Denah kasar ini bermanfaat untuk memudahkan Anda dalam menata tata letak tanaman terlebih dahulu.

Seperti area dengan taman serba hijau minimal jumlah tanamannya sepertiga luas lahan. Kemudian Anda bisa menambah elemen lain jika lahannya masih cukup seperti meja outdoor, kolam kecil, lampu taman dan sebagainya.

Adapun untuk kolamnya itu luasnya tidak lebih dari dua pertiga luas dari lahan. Contohnya apabila luas tamannya 3,5 x 6 meter maka ukuran maksimal korannya adalah 2,2 x 4 meter.

4. Memilih Tanaman yang Cermat

 Cara membuat taman di halaman depan rumah yang berikutnya adalah dengan memilih tanaman hijau secara cermat. Pemilihan tanaman ini tidak boleh sembarangan, jangan termakan dengan tanaman yang sedang tren saat ini.

Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana nantinya tanaman itu akan tumbuh. Selain itu Anda juga bisa membuat lapisan tanah yang didominasi dengan rumput taman. Adapun untuk tanaman lainnya bisa 3 sampai 4 jenis saja.

5. Menyiapkan Air

Ketika membuat taman rumah Anda juga perlu untuk mempersiapkan air agar tanamannya bisa tumbuh dengan subur. Ini merupakan salah satu cara membuat taman minimalis di lahan sempit yang penting untuk dilakukan.

Penutup

Mengetahui apa dan bagaimana saja cara membuat taman di depan rumah kini Anda sudah tidak bingung lagi jika ingin membuat taman. Walaupun hanya taman sederhana tetapi tetap saja menambah nilai keindahan rumah.

Jual Beli Properti Rumah Apartemen Tanah