5 Ide Dekorasi Halaman Rumah Terbaik

By Admin - 30 August 2022
DAFTAR ISI

Memiliki halaman rumah yang cantik, asri dan sejuk menjadi impian kebanyakan orang. Dari dekorasi halaman rumah ini dapat menampung kepenatan dan mengubahnya menjadi lebih kreatif. Pikiran semakin jernih untuk beraktivitas kembali.

Halaman rumah seperti apa yang tepat dan cantik sehingga penghuninya betah berlama-lama di sana dengan kualitas udara sehat? Cek lengkap dalam artikel ini.

Ide Dekorasi Halaman Rumah Terbaik

Memiliki halaman luas atau sempit bukan masalah ketika akan mendekornya menjadi cantik. Ada banyak ide tercipta untuk mengubah halaman sehingga lebih berkesan dan penuh makna. Berikut ide yang dapat dijadikan pilihan.

1. Membuat Kebun Herbal

Buat yang suka dengan tanaman herbal, salah satu ide kreatifnya dengan mengubah taman depan rumah menjadi kebun herbal. Tanaman multi manfaat ini dapat tumbuh di halaman yang luas atau sempit, tergantung penataannya.
pot bunga gantung di pagar rumah

Tanaman herbal pilihan antara lain jahe, kunyit, sereh, sirih, temulawak hingga kencur. Keuntungan menjadikan halaman kebun herbal antara lain:

  • Saat membutuhkan obat herbal dapat langsung mengambil di halaman rumah.
  • Tanaman herbal biasanya tidak hanya untuk obat herbal saja, tapi dapat digunakan untuk bumbu dapur.
  • Lebih praktis dan segar saat menggunakannya.

2. Pot Gantung

Ide pot gantung tetap relevan dari dulu hingga sekarang. Biasanya pot digantung di teras rumah atau  pohon tertentu sehingga menambah indah taman.

Pot gantung dapat diisi dengan tanaman yang menarik misalnya saja anggrek, kembang anting-anting, begonia hingga geranium si pengusir nyamuk. Keunikan adanya pot gantung adalah:

  • Pemandangan berbeda dan lebih sejuk dengan ide sederhana cantik maksimal.
  • Praktis dalam perawatannya.
  • Dapat dijadikan dekorasi halaman rumah luas atau sempit.

3. Tambahkan Batu, Kerikil Hingga Pasir

Konsep ini biasa disebut dengan Japanese Zen, tekniknya mirip dengan taman kuil Buddha di Jepang. Penggunaan bahan menggunakan batu alam, kerikil hingga pasir.
batu kerikil untuk taman

Untuk menambah kesejukan dengan menanam tanaman yang disuka.  Hiasan bebatuan yang cantik halaman semakin terlihat epik. Nuansanya akan berbeda dan menata taman depan dengan beberapa elemen sekaligus menambah kesejukan tersendiri.

4. Tambahkan Rak

Menambahkan rak menjadi pilihan keren untuk dekor halaman rumah selanjutnya. Rak ini dapat dibuat sendiri atau dikreasikan dengan tanaman yang ada. Terdapat banyak keuntungan dengan tambahan rak ini.

  • Jika halaman rumah sempit akan memperbanyak jenis tanaman yang bisa ditanam.
  • Dapat khusus digunakan untuk jenis tanaman sayuran.
  • Taman terlihat lebih menarik dan sejuk.

5. Manfaatkan Pagar

Taman depan rumah sederhana dapat memanfaatkan pagar yang ada. Pagar dapat dimaksimalkan dengan menanam jenis tanaman sejenis sulur-suluran tanaman rambat. Misalnya saja le kwan yew, daun dolar hingga morning glory.

Tanaman ini selain mempercantik halaman rumah juga mampu meningkatkan inspirasi diri loh. Terlebih lagi buat yang suka dengan warna dan penataan yang bagus, pasti bakal betah di rumah. Keunggulan dengan memanfaatkan pagar untuk tanaman adalah:

  • Cocok diaplikasikan untuk lahan sempit atau luas.
  • Halaman rumah semakin tampak hijau.
  • Sirkulasi udara akan maksimal dan selalu terjaga dengan baik.

Dekorasi halaman rumah dapat diciptakan secara sederhana untuk inspirasi maksimal di area nan sejuk. Ide yang tercipta memberi keleluasaan untuk penghuninya sehingga memberi inspirasi untuk lebih kreatif.

Jadi dari berbagai inspirasi dekorasi halaman rumah yang ada di atas, mana yang kira-kira menjadi selera Anda? Semoga pembahasan di atas bermanfaat ya!

Jual Beli Properti Rumah Apartemen Tanah