Ini 4 Cara Membersihkan Ac Rumah Sendiri Catat!

By Admin - 14 December 2022
DAFTAR ISI

Air conditioner atau AC merupakan salah satu alat elektronik yang banyak digunakan setiap rumah. Alat ini umumnya digunakan ketika cuaca sedang panas. Akan tetapi, nyatanya AC juga harus dijaga kualitasnya salah satunya dengan cara membersihkan AC rumah sendiri.

Cara membersihkan AC daikin sendiri pada dasarnya sangat mudah untuk dilakukan. Membersihkan AC sebenarnya bertujuan untuk menjaga suhu dingin tetap terjaga. Selain itu, Anda juga akan lebih menghemat biaya pembersihan AC yang terbilang cukup mahal.

Berikut Merupakan Cara Membersihkan AC Rumah Sendiri

Meskipun membersihkan AC terbilang cukup sepele untuk dilakukan. Akan tetapi, perlu diingat kembali cara membersihkan AC harus dilakukan dengan benar. Hal ini bertujuan agar kualitas AC tetap baik. Maka dari itu, sangat disarankan untuk Anda mengetahui cara ini.
cara bersihkan ac di rumah

Jika Anda tertarik untuk mengetahui cara membersihkan filter AC rumah dengan benar, artikel ini akan menerangkan secara rinci mengenai cara tersebut. Tentunya cara ini sangat mudah dilakukan. Mau tahu apa saja cara tersebut? Yuk, simak penjelasan di sini sekarang.

1. Buka Penutup AC Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang bisa dilakukan yakni membuka penutup AC terlebih dahulu. Anda bisa membuka penutup secara perlahan. Setelah penutup sudah terbuka, secara langsung filter AC akan terlihat.

Hal yang perlu diperhatikan dalam tahapan ini, pastikan Anda mengecek terlebih dahulu filter AC. Apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Jika kondisi filter terlihat sudah subek, sebaiknya segera buang filter tersebut dang anti dengan filter baru.

2. Bersihkan Filter AC

Setelah mengikuti langkah sebelumnya, selanjutnya Anda harus membersihkan filter AC. Perlu untuk diketahui, langkah ini bisa dilakukan jika tidak ada kerusakan pada filter. Pada dasarnya filter bisa dibersihkan jika terdapat debu yang menempel.

Anda bisa membersihkan debu tersebut dengan menggunakan alat penyedot debu, lap sedikit basah, ataupun sikat bekas. Dengan cara ini maka filter AC akan kembali bersih seperti semua. Sehingga suhu AC akan lebih terjaga.

3. Keringkan Filter AC

Cara selanjutnya dalam membersihkan AC yakni mengeringkan filter. Anda bisa mengeringkan filter tersebut dengan cara diangin-anginkan sejenak. Selain itu, Anda juga bisa mengeringkannya menggunakan lap kering.

Tidak lupa, pastikan kembali filter AC sudah bersih dari segala kotoran. Sehingga kualitas AC akan menjadi lebih baik.

4. Mengembalikan Filter ke Dalam AC

Jika Anda sudah melakukan langkah sebelumnya, langkah selanjutnya yakni mengembalikan filter ke dalam AC. Sebelum memasang kembali filter, pastikan filter sudah dalam keadaan kering. Hal tersebut bertujuan agar filter AC tidak ada jamur yang berkembang biak.

Setelah itu, Ada bisa mengetes apakah AC sudah terasa dingin atau belum. Jika sudah maka Anda sudah berhasil membersihkan AC. Tidak lupa, setelah melakukan cara tersebut, Anda diharuskan mencuci tangan.

Penutup

Nah, itulah beberapa cara membersihkan AC rumah sendiri dengan mudah dan tepat. Tentunya cara ini sudah banyak digunakan oleh banyak orang. cara ini terbilang sangat efektif untuk mempertahankan kualitas AC Anda.

Akan tetapi, jika Anda menginginkan hasil yang maksimal, sebaiknya gunakan jasa bersih AC profesional. Dengan begitu suhu ruangan akan lebih terjaga. Jadi, dapat dikatakan dalam membersihkan AC, filter sangat berpengaruh.

Tidak lupa dalam membersihkan filter dilakukan dengan sungguh-sungguh. Pastikan juga sebelum mengembalikan filter, sudah dikeringkan dengan benar. Hal ini bertujuan agar tidak ada jamur yang berkembang biak.

Jual Beli Properti Rumah Apartemen Tanah