10 Kombinasi Cat Rumah Warna Hitam Paling Estetik

By Sulis - 22 November 2023
DAFTAR ISI

Anda ingin hunian tampil beda dari yang lain? Coba pertimbangkan menggunakan kombinasi cat rumah warna hitam.

Cat berwarna hitam masih jarang dipilih untuk diaplikasikan pada rumah. Mayoritas orang memilih warna netral seperti krem dan warna earth tone yang lembut.

Umumnya, orang takut menggunakan warna hitam sebagai cat rumah karena adanya persepsi negatif mengenai penggunaan warna hitam. Padahal, penerapan warna hitam bisa menghasilkan tampilan hunian yang estetik sekaligus unik.

Kombinasi Cat Rumah Warna Hitam

Hitam identik dengan kesan seram, sehingga warna ini jarang dipilih untuk cat rumah. Padahal, dengan memadukan hitam dengan warna yang tepat bisa membawa kesan yang unik dan elegan pada hunian.

Berikut beberapa kombinasi cat rumah warna hitam yang tampil estetik:

1. Hitam dan Putih

cat rumah hitam putih

Sumber: Canva

Warna monokrom yang terdiri dari hitam dan putih bisa menjadi pilihan ideal jika Anda ingin menampilkan kesan hunian modern.

Dua warna yang bertolak belakang ini mampu menyeimbangkan satu sama lain. Sehingga penggunaan cat hitam putih dapat memberikan suasana yang netral dan comfy.

Menerapkan warna hitam putih dalam ruangan dengan jendela besar membuat fokus perhatian tertuju keluar jendela, sementara bagian dalam ruangan terkesan tenang.

Kombinasi warna cat rumah putih hitam cocok untuk diaplikasikan pada eksterior maupun interior bangunan. Selain itu, kombinasi hitam putih aman untuk Anda padukan dengan berbagai aksen dekorasi untuk mempercantik hunian.

2. Hitam dan Coklat Kayu

cat rumah hitam coklat kayu

Sumber: Canva

Kombinasi ini bisa menjadi pilihan yang ideal bagi Anda yang menyukai nuansa kayu. Memadukan warna hitam dengan elemen kayu memberikan kesan modern.

Saat bersanding dengan warna hitam, maka warna dan tekstur dari kayu dapat tampak lebih menonjol.

Biasanya, kombinasi ini dibarengi dengan penggunaan lampu LED backlight yang memberikan sorotan lembut. Misalnya pada ruangan kamar mandi atau dapur.

Kombinasi ini juga dapat Anda aplikasikan pada eksterior rumah untuk menghadirkan suasana modern yang hangat. Menambahkan unsur tanaman hijau dapat memberikan sentuhan nuansa sejuk pada hunian.

3. Hitam dan Kuning

kombinasi cat rumah hitam dan kuning

Sumber: home-designing.com

Apabila ingin menghadirkan suasana ceria ke rumah, maka Anda bisa memadukan cat warna hitam dengan kuning yang terang.

Tone warna kuning yang cerah mampu menyeimbangkan suasana gelap dari hitam. Keduanya membentuk kombinasi yang sempurna dan solid. Kombinasi cat hitam dan kuning juga cocok untuk berbagai tema hunian, mulai dari klasik hingga modern.

Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan warna hitam sebagai background dengan menambahkan detail cantik berwarna kuning.

4. Hitam dan Pink

kombinasi cat rumah warna hitam dan pink

Sumber: Pinterest

Warna hitam sering kali disalahpahami, bahkan sampai muncul persepsi negatif.

Memadukan hitam dengan warna pink lembut seperti langit pagi yang ceria dapat membawa mood menyenangkan ke dalam ruangan. Kombinasi ini mampu menunjukkan sisi kuat sekaligus lembut warna hitam.

Warna pink memberikan sentuhan gentle dan cenderung feminim. Sementara, penerapan warna hitam menampilkan kesan bold. Memadukan keduanya dapat membuat rumah tampak catchy.

5. Hitam dan Emerald

cat rumah hitam dan emerald

Sumber: Channel Youtube Innovative Art

Warna emerald atau hijau botol bisa menjadi pilihan ideal bagi Anda yang ingin menghadirkan kesan tidak biasa dalam hunian. Pasalnya, emerald termasuk warna yang sulit ditemukan di alam.

Kombinasi hitam dan emerald memiliki tone yang sedikit gelap, tapi terlihat elegan.

Ada berbagai cara untuk menampilkan kombinasi cat rumah hitam dan emerald. Misalnya dengan mengaplikasikan masing-masing warna pada sisi tembok yang berbeda.

Anda juga bisa berkreasi dengan menyelaraskan warna dekorasi dan furniture. Sebagai contoh menempatkan tirai warna emerald pada jendela dengan tembok berwarna hitam.  

6. Hitam dan Orange

cat rumah hitam dan orange

Sumber: snargl.com

Penggunaan warna hitam bersama warna terang seperti orange menghasilkan kombinasi yang sempurna. Warna orange yang cerah mampu menyeimbangkan nuansa gelap dari hitam.

Selain itu, perpaduan keduanya membuat warna orange tampak lebih mencolok. Kombinasi ini mampu menghadirkan nuansa yang solid dan menarik pada rumah Anda.

Sebaiknya Anda tidak membatasi penerapan warna orange. Justru sebaliknya, warna hitam akan membentuk latar yang cantik dan menyajikan kecantikan warna orange dengan membuatnya menjadi fokus perhatian.

7. Hitam dan Gold

cat rumah hitam dan gold

Sumber: Pinterest

Kombinasi cat rumah warna hitam dengan gold atau warna emas akan menghasilkan nuansa eksklusif.

Warna hitam yang pekat dan netral mampu membuat warna emas menampilkan pesonanya secara maksimal. Apalagi, warna emas memang identik dengan kemewahan.

Anda dapat memadukan cat hitam dengan aksen warna emas untuk menunjukkan suasana yang solid dan elegan.

Warna emas juga dapat menghasilkan kombinasi cantik dengan penambahan berbagai warna lain, misalnya perak. Namun, ketika menyandingkan dengan hitam, maka emas akan tampak lebih mencolok.

8. Hitam dan Abu-abu

cat rumah hitam dan abu-abu

Sumber: soulandlane.com

Berasal dari tone yang sama, cat rumah kombinasi hitam dan abu-abu merupakan pilihan yang aman. Anda dapat mengaplikasikan kombinasi ini pada berbagai tema hunian, seperti modern, natural, dan industrial.

Salah satu cara untuk menyajikan kombinasi ini adalah dengan menambahkan pola. Misalnya, dengan membuat bentuk tertentu menggunakan shade yang lebih gelap untuk menghasilkan tampilan yang lebih berkesan.

Kombinasi hitam dan abu-abu juga dapat dengan mudah bersanding dengan berbagai warna lain. Contohnya penerapan cat hitam dan abu-abu bersebelahan dengan bata ekspos.

9. Hitam dan Cream

cat rumah hitam dan cream

Sumber: artfasad.com

Tone warna netral seperti cream dapat menghasilkan kombinasi yang manis saat bersanding dengan hitam.

Warna cream mampu memberikan sentuhan klasik yang elegan pada hunian. Sementara, kesan bold dan kuat dari warna hitam menonjolkan warna cream dengan cara yang berbeda.

Kombinasi ini cocok untuk diterapkan pada rumah dengan gaya minimalis modern. Selain itu, kombinasi hitam dan cream memungkinkan Anda untuk menambahkan berbagai warna dan aksen lain dengan mudah.

Sebagai contoh dengan memadukan aksen warna putih pada frame jendela atau tirai.

10. Hitam dan Beige

Kombinasi cat rumah hitam dan beige

Sumber: Pinterest

Warna cat rumah kombinasi hitam dan beige dapat menjadi pilihan yang menarik. Apalagi jika Anda ingin menampilkan kesan mewah, tapi kurang suka dengan kilau warna emas yang mencolok.

Beige merupakan turunan coklat, memiliki tone serupa warna tembaga. Warna ini dapat Anda gunakan untuk membentuk berbagai pola bold yang mencuri perhatian.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan warna beige pada bingkai jendela dan tirai dengan tembok berwarna hitam.

Anda juga dapat memadukan beige dengan berbagai shade yang berbeda dari hitam tanpa perlu khawatir hasilnya terlalu kontras.

Nah, itu tadi beberapa ide kombinasi cat rumah warna hitam yang bisa Anda pertimbangkan. Warna hitam memang cocok untuk Anda kolaborasikan dengan warna lainnya.

Pertimbangkan warna soft agar cat rumah Anda tidak mati, alias agar terlihat lebih hidup. Apapun warnanya, yang penting Anda bisa nyaman untuk bertempat tinggal. Semangat memilih warna cat rumah terbaik untuk keluarga!

Jual Beli Properti Rumah Apartemen Tanah