Tak Boleh Salah Ternyata Begini Cara Merawat Kucing Anggora

By Admin - 21 January 2024
DAFTAR ISI

Hewan kucing sering dikenal sebagai salah satu hewan peliharaan yang lucu dengan tingkahnya yang random. Jenisnya cukup banyak, mulai dari yang tidak berbulu hingga yang memiliki bulu lebat, salah satunya Kucing Anggora. Ya, kucing Anggora yang terkenal dengan tampilannya yang menggemaskan cukup menyita perhatian banyak orang. Lalu bagaimana cara merawat kucing anggora? Apakah sama dengan cara perawatan Kucing lokal pada umumnya?

Kucing Anggora termasuk salah satu ras ideal yang cocok bagi keluarga. Kucing jenis ini terkenal paling sosial, penuh kasih sayang dan ramah terhadap manusia. Kucing yang sangat setia dan penuh kasih sayang, mereka senang dimanja dan diperhatikan.

Jadi, pantas jika tidak sedikit orang yang menyukai kucing ini sebagai peliharaan di rumah. Bahkan kucing Anggora juga tinggal di rumah pemiliknya. Bagi anda yang ingin memelihara kucing Anggora, perlu mengetahui bagaimana merawat kucing anggora agar tumbuh dengan sehat di rumah Anda. Berikut ulasan rinciannya!

Sudah Tahu Kucing Anggora?

Sebelum mempelajari beberapa tips merawat kucing anggora, Anda perlu mengenal kucing jenis ini. Bagaimana karakteristik dan apa saja hal-hal yang penting untuk anda ketahui.
Kucing Anggora

Kucing Anggora secara historis, termasuk jenis kucing Turki yang sangat terkenal di dunia dan sering disebut kucing Ankara. Ia berasal dari Anatolia. Jenisnya cukup banyak, tapi jangan sampai salah mengenali kucing ini.

Kucing Anggora memiliki tampilan yang indah dan elegan. Bulunya yang halus dan lebat menyelimuti seluruh tubuhnya merupakan salah satu ciri khas yang banyak disukai orang.

Jenisnya saat ini cukup variatif karena hasil perkawinan. Seperti: 1) Jenis kucing Anggora asli yang merupakan hasil perkawinan pasangan kucing anggora asli; 2) Jenis kucing hasil perkawinan silang antara kucing Anggora dan kucing Persia, biasanya memiliki bentuk tulang besar dan tubuh yang panjang; 3) Jenis kucing hasil perkawinan kucing anggora dengan kucing lokal (kampung). Cara merawat kucing anggora jenis ini bisa dibilang cukup simple. Bila ingin mengetahui ciri-cirinya, berbentuk wajah yang mirip kucing Anggora dengan bentuk badan yang lebih kecil dan bulunya lebih pendek.  

Cara Merawat Kucing Anggora

Setelah mengenal jenis jenis kucing anggora dan bentuk hasil kawin silangnya, selanjutnya anda perlu mengetahui langkah-langkah merawat kucing anggora agar selalu sehat. Ingat, bahwa kucing Anggora memiliki perlakuan yang berbeda dibanding kucing jenis lainnya.
Cara Merawat Kucing Anggora

Bila merawatnya dengan baik, ia akan tumbuh dengan sehat dan menggemaskan. Cukup sering bukan, kiat melihat gambar dna video jenis kucing anggora yang tumbuh dengan baik? Itu karena perawatan dan perhatian pemiliknya. Berikut langkah-langkah yang bisa anda terapkan.

Memilih Makanan yang Bergizi dan Sesuai dengan Umurnya

Pertama-tama Anda bisa memulainya dengan memilih makanan yang bagus nutrisinya. Pilihlah merek tertentu sesuai dengan umur dan jenis kucing anggora milik anda. Anda juga bisa memberinya nutrisi ikan dan daging yang mendukung tumbuh kembangnya.

Berikanlah makanan yang seimbang dan membantu mencukupi nutrisi. Jagalah berat badan kucing anda kurang lebih 4 kg, karena jika overweight, ini akan berakibat pada kesehatan kucing kedepannya.

Pilihlah Kandang yang Nyaman dan Muat untuk Kucing

Kandang yang nyaman dan lebih luas tentu akan membuat kucing anda merasa betah dan lebih happy di kandangnya. Ini cukup penting supaya mereka betah tidur dan lebih  leluasa dalam bergerak atau beraktivitas di dalam kandang. Jangan memilih yang kecil jika umur kucing anda atau bentuknya lebih besar. Kucing Anggora biasanya sangat aktif, makanya cara merawat kucing anggora harus lebih tepat.

Rutin Memandikan Kucing

Jangan lupa juga untuk rutin memandikannya agar bulu dan kulitnya tetap sehat. Bulunya yang lebat biasanya mudah ada kutu atau serangga lain yang bersarang. Itu akan berbahaya bagi kesehatan kulit kucing. Oleh karena itu, perhatikan waktu memandikannya dan gunakan sabun yang aman untuk kulit kucing.

Potong Kuku dan Bersihkan Telinganya

Tips merawat kucing anggora agar sehat yang selanjutnya adalah senantiasa memperhatikan kebersihan dan juga kerapian. Kucing Anggora juga tidak jauh berbeda dari kucing pada umumnya, yaitu memiliki kuku yang panjang. Oleh karena itu, anda harus memotong kukunya secara rutin. Ini juga menghindari bila anda kena cakar karena biasanya kucing suka menggaruk-garuk pemiliknya dan tanpa sadar mereka bersikap agresif hingga mencakarnya. Selain itu, bersihkan telinganya agar tidak penuh dengan kotoran, tentu itu bisa mengganggu terhadap kesehatan kucing, terutama bagian telinga.
Bermain dengan kucing

Luangkan Waktu untuk Bermain Bersama dan Memberinya Perhatian

Hal yang membuat kucing Anggora bahagia adalah mendapatkan perhatian dari pemiliknya. Oleh karena itu, anda bisa mulai meluangkan waktu bersama dan bermain dengan kucing Anda. Mereka akan menunjukkan kasih sayang yang sebagaimaan sikap anda kepada mereka. Gerakan tubuh mereka akan selalu mendekat kepada anda, itu merupakan salah satu ciri mereka merasa nyaman di dekat pemiliknya.

Rutin Mengecek Kesehatan Kucing di Dokter Hewan

Untuk memantau kesehatan kucing, anda bisa rutin mengeceknya ke dokter hewan. Apalagi kucing Anggora cukup rentan terhadap penyakit bila tidak dirawat dengan baik. Jadi, jangan ambil resiko  dan lakukan tindakan preventif untuk mengecek kesehatan kucing agar tidak terserang penyakit berbahaya.

Beberapa langkah di atas cara merawat kucing anggora bisa menjadi alternatif untuk anda terapkan. Rawatlah kucing agar mereka merasa happy dan tumbuh dengan baik. Kucing Anggora akan tumbuh dengan baik sesuai dengan perhatian dari pemiliknya.

Jual Beli Properti Rumah Apartemen Tanah