Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Lantai dan Contohnya

By Admin - 08 April 2024
DAFTAR ISI

Cara menghitung kebutuhan keramik sangat penting untuk mengetahui berapa banyak jumlah yang harus dibeli.

Dengan menghitung secara benar, pembelian keramik tidak akan terlalu banyak atau malah terlalu sedikit. Untuk itu menghitungnya harus tepat sesuai luas ruangan yang akan dikeramik.

Cara Menghitung Berapa Kebutuhan Keramik dengan Mudah

Pemasangan keramik lantai atau dinding menjadi finishing sebuah bangunan yang akan mempercantik desain ruangan baik indoor atau outdoor dan memiliki ukuran berbeda-beda.

Pada umumnya, ukuran keramik lantai yang biasa dijual di toko bangunan adalah 20x20, 25x25, 30x30, 40x40 dan 50x50. Selain itu terdapat pula ukuran keramik yang lumayan besar yaitu 60x60. Semua ukuran keramik dalam satuan centimeter.
pemasangan keramik lantaiSumber : starshop009 (shopee.co.id)

Adapun cara menghitung keramik 60x60 sebetulnya sama saja dengan cara menghitung keramik 40x40. Namun, hasil tentunya berbeda karena ukuran keramiknya juga berbeda.

Bagaimana cara menghitung kebutuhan keramik? Caranya sangat mudah dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Menghitung Luas Ruangan

Langkah awal untuk perhitungan kebutuhan keramik adalah menghitung luas ruangan yang akan dipasang keramik.

Cara menghitung luasnya dengan melakukan pengukuran pada panjang dan lebar ruangan tersebut. Setelah menemukan hasilnya, bisa mengalikannya dengan rumus:

Luas Ruangan = Panjang x Lebar

2. Menghitung Luas dan Jumlah Keramik

Selanjutnya masuk pada tahap perhitungan jumlah keramik. Caranya dengan mengetahui berapa luas keramik total dalam satu dus.

Untuk memudahkan perhitungan, perlu melakukan konversi satuan cm pada keramik menjadi meter dan membaginya dengan 100. Kemudian, kalikan dengan jumlah keping keramik dalam dus. Biasanya dalam satu dus terdiri dari 11 keping, 20 keping atau 35 keping keramik.

Tentunya dengan ukuran keramik yang berbeda sesuai selera seperti telah disebut sebelumnya apakah keramik dengan 20x20 cm, 60x60 cm atau yang lainnya. Jangan lupa untuk  mengkonversi cm pada keramik menjadi meter.

Rumus menghitung luas keramik adalah:

Luas Keramik: (panjang x lebar 1 keping keramik) x jumlah keramik secara total

3. Menghitung Total Kebutuhan Keramik

Setelah luas ruangan dan dan luas keramik diketahui, saatnya menghitung kebutuhan keramik secara total. Rumus berikut untuk cara hitung kebutuhan keramik 30x30 atau keramik ukuran 40x40 dan yang lainnya yaitu:

Jumlah Kebutuhan Keramik Tiap Dus = Luas Lantai x Luas Keramik

Caranya cukup mudah dan dengan perhitungan yang benar dapat meminimalisir kesalahan pembelian jumlah keramik.

Contoh Cara Menghitung Kebutuhan Jumlah Keramik

Untuk memperjelas cara perhitungannya, dapat melihat contoh soal berikut:

Sebuah ruangan memiliki ukuran 2 x 3 m, dan pilihan keramik yang akan dipasang adalah ukuran 20x20 cm dan tiap dus berisi 25 keping. Pemasangan keramik model lurus dan untuk perkiraan tambahan sebesar 5% dari total keramik.

Berapa kebutuhan keramik ruangan tersebut?

Cara menghitung kebutuhan keramik 20x20 dengan langkah seperti di bawah ini:

1. Menghitung Luas Lantai

Cara menghitung luas lantai dengan mengalikannya langsung: 2 x 3 m dan hasilnya 6 meter. Namun, pastikan ukuran tersebut didapat dari alat ukur (meteran) yang akurat.

2. Melakukan Konversi Ukuran Keramik ke dalam Meter

20 : 100 = 0,2 meter

3. Menghitung Luas Keramik dalam 1 Dus

0,2 x 0,2 x 25 = 1 meter persegi

4. Jumlah Kebutuhan Keramik Per Dus

6 x 1 = 6 dus

5. Perkiraan Tambahan Kebutuhan Keramik

5% (cadangan) x (6 x 25) hasilnya 7,5 keping

Kebutuhan dapat dibulatkan menjadi 8 keping, untuk berjaga-jaga jika ada kesalahan atau yang lain.

Penambahan kebutuhan keramik cadangan bisa menyesuaikan model pemasangan. Pemasangan lurus dapat menambahkan jumlah cadangan sebesar 5%. Sedangkan model diagonal cadangan bisa ditambah 7% hingga 10% keramik.

Tambahan cadangan untuk mempersiapkan apabila terdapat keramik pecah atau hal lainnya. Dengan hitungan tepat akan lebih efisien waktu dan biaya.

Penutup

Cara menghitung kebutuhan keramik sangat mudah dengan menyesuaikan luas ruangan dan ukuran keping keramik serta jumlahnya dalam tiap dus. Hitungan tepat bertujuan agar lebih efisien waktu, biaya dan saat membeli tidak kelebihan atau kekurangan.

Jual Beli Properti Rumah Apartemen Tanah