Cara Menghitung Kebutuhan Genteng Mudah dan Praktis!

By Admin - 10 April 2024
DAFTAR ISI

Setiap bangunan pastinya membutuhkan genteng sebagai naungan, bukan? Jadi, cara menghitung kebutuhan genteng diperlukan untuk membuat estimasi jumlah genteng yang dibutuhkan dan dibeli nantinya.

Lebih lanjutnya lagi, ternyata cara ini juga dapat dilakukan untuk menghitung estimasi budget yang diperlukan. Kini, Anda ingin tahu cara menghitungnya? Yuk, langsung saja cari tahu panduan menghitung kebutuhan genteng untuk atap melalui artikel ini ya!

Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Genteng?

Secara umum, Anda bisa menghitung jumlah genteng yang dibutuhkan untuk menutup atap berdasarkan luas atap maupun luas dari bangunan tersebut. Gimana cara menghitung kebutuhan genteng secara lebih detail?
Perumahan menggunakan genteng

Jika belum tahu, maka berikut ini cara atau panduan yang bisa dipakai untuk menghitung jumlah genteng atap yang dibutuhkan!

1. Perhitungan Kebutuhan Genteng Berdasarkan Luas Atap Bangunan

Cara menghitung kebutuhan genteng untuk atap bangunan dapat dilakukan kalau Anda sudah tahu ukuran luas atap tersebut. Jadi, coba ukur dulu ya luas atap bangunan yang ingin dinaungi genteng.

Setelah mengetahui luas atap bangunan, maka pastikan juga untuk mengetahui ukuran dari satu buah genteng yang akan digunakan. Misalnya, kebutuhan genteng per m2 sebanyak 25 buah.

Ingat! Jumlah genteng per meter persegi tersebut tergantung ukuran dan juga jenis genteng atap yang digunakan ya.

Apa yang selanjutnya harus dilakukan? Anda hanya perlu mengikuti perhitungan matematis di bawah ini tentang cara menghitung kebutuhan genteng rumah, yaitu:

  • Ketika atap bangunan yang akan dinaungi memiliki ukuran 8 x 10 meter, maka luasnya adalah 80 m2.
  • Jika terdapat dua sisi atap yang akan dinaungi genteng, maka luasnya menjadi 80 m2 x 2 sebesar 160 m2.
  • Kemudian Anda hanya perlu menghitung jumlah genteng per m2 sebanyak 25 buah x 160 m2, maka banyaknya genteng yang dibutuhkan sebanyak 4.000 buah genteng dalam kondisi baik.

Berdasarkan perhitungan tersebut, maka Anda perlu membeli genteng sebanyak 4.000 buah agar bisa menaungi atap yang luasnya 160 m2. Namun, sebaiknya belilah lebih banyak genteng yang digunakan sebagai cadangan jika ada genteng yang rusak atau cacat.

2. Perhitungan Kebutuhan Genteng Berdasarkan Luas Bangunan

Apakah ada cara perhitungan lainnya? Tentu saja! Anda bisa menggunakan cara menghitung kebutuhan genteng berapa ketika mengetahui luas bangunan saja. Cara ini bisa dipakai kalau Anda tidak atau belum menghitung luas atap ya.
toko gentengSumber : Kaisar Steel, Tokopedia.com

Jadi, rumah ukuran 6 x 9 butuh genteng berapa? Sebelum menghitungnya, Anda harus memastikan dulu macam-macam genteng yang digunakan karena ukurannya bisa jadi berbeda dan mempengaruhi jumlah total kebutuhan genteng ya.

  • Perhitungan kebutuhan genteng berdasarkan luas pondasi bangunan dilakukan dengan menambahkan 1 meter pada ukuran panjang dan lebarnya. Jadi, ukuran rumah 6 x 9 meter akan dihitung menjadi 7 x 10 meter atau 70 m2.
  • Kemudian jika menggunakan genteng yang per m2 membutuhkan 25 buah genteng, maka jumlah genteng total yang dibutuhkan adalah 70 m2 x 25 genteng/ m2 dengan hasil 1.750 buah genteng.

Kesimpulannya, ketika ingin menaungi bangunan dengan luas pondasi 6 x 9 meter, maka Anda harus membeli genteng minimal sebanyak 1.750 buah. Namun, hasil perhitungan tersebut belum termasuk genteng untuk bagian rumah lainnya, seperti balkon atau teras ya.

Lalu bagaimana kebutuhan genteng rumah 7 x 12 meter? Nah, cara perhitungannya sama saja seperti contoh sebelumnya ya! Tinggal hitung saja!

  • Rumah dengan ukuran pondasi 7 x 12 meter akan dihitung menjadi 8 x 13 meter, jadi luasnya sebesar 104 m2.
  • Jumlah genteng yang dibutuhkan untuk bangunan seluas 104 m2 adalah 104 m2 x 25 genteng/ m2 sebanyak 2.600 buah genteng.

Namun, sebaiknya tetap membeli lebih dari 2.600 genteng untuk cadangan jika ada yang cacat. Jika ingin sekaligus membeli genteng untuk atap teras dan balkon, maka lakukan juga perhitungan seperti sebelumnya sesuai luas pondasi dari teras dan balkon ya.

Cara menghitung kebutuhan genteng dapat dilakukan berdasarkan luas atap ataupun bangunan. Perhitungan ini menghasilkan jumlah genteng yang harus dibeli dan nantinya bisa digunakan untuk memperkirakan budget pembelian berdasarkan harga genteng.

Jual Beli Properti Rumah Apartemen Tanah