Perbedaan Rumah Subsidi dan Komersil Pastikan Tahu!

By Admin - 31 August 2022

Apakah Anda pernah mendengar tentang rumah subsidi dan non-subsidi? Kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan rumah subsidi dan komersil. Hal ini penting supaya Anda bisa membeli rumah dengan harga yang terjangkau.

Mengenal Rumah Subsidi dan Non-Subsidi

Jika Anda ingin segera memiliki rumah impian, maka Anda bisa membeli rumah dengan harga terjangkau. Salah satunya adalah dengan membeli rumah subsidi. Kenapa disebut rumah subsidi? Disebut rumah subsidi karena memiliki harga yang terjangkau.

Rumah subsidi mendapatkan bantuan dari program pemerintah, sehingga Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang lebih terjangkau. Jenis rumah ini sangat cocok untuk pasangan muda yang ingin memiliki rumah impian dengan harga yang terjangkau.
rumah subsidi

Rumah komersil adalah rumah yang dibeli dengan harga yang lebih mahal. Dalam artian, keberadaan rumah ini tidak mendapatkan sumbangan dari pemerintah. Sehingga harganya mahal, tetapi Anda bisa memiliki rumah yang sesuai dengan keinginan Anda.

Perbedaan Rumah Subsidi dan Komersil yang Perlu Anda Ketahui

Penting bagi Anda untuk mengetahui apa beda rumah komersil dan subsidi. Sehingga Anda bisa membeli rumah sesuai dengan keinginan dan anggaran yang sudah disiapkan. Beberapa perbedaan rumah subsidi dan non-subsidi yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut:

1. Harga Rumah

Hal pertama yang menjadi pembeda antara rumah subsidi dan rumah komersil adalah harga rumah. Harga rumah subsidi tidak terlalu mahal karena mendapat bantuan dari pemerintah. Anda bisa mendapatkan rumah dengan harga yang terjangkau jika memilih rumah subsidi.

Sedangkan, harga rumah komersil lebih mahal karena tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah. Tetapi, Anda bisa membeli rumah sesuai dengan yang Anda inginkan. Dalam artian, Anda bisa mengatur rumah Anda sesuai dengan keinginan Anda.

2. Tipe Rumah

Hal lain yang bisa membedakan rumah subsidi dengan rumah komersil adalah tipe rumah yang ditawarkan. Biasanya rumah subsidi memiliki tipe yang seragam dan ukurannya kecil. Tipe rumah yang biasa dibangun untuk rumah subsidi adalah tipe 36.

Tipe rumah komersil tidak memiliki standar tipe tertentu. Anda bisa menyesuaikan dengan keinginan Anda. Biasanya rata-rata tipe yang digunakan adalah tipe rumah 72. Sehingga rumah tersebut tampak mewah, elit, dan lokasinya strategis.

3. Lokasi yang Digunakan

Perbedaan rumah subsidi dan komersil dapat terlihat jelas dari lokasi bangunan. Biasanya rumah komersil terletak di lokasi yang strategis. Hal ini menjadi salah satu daya tarik untuk membeli rumah tersebut. Sehingga Anda memiliki akses rumah yang mudah dan cepat.

Sedangkan, untuk rumah subsidi biasanya terletak di pinggir kota. Sehingga aksesnya tidak terlalu mudah untuk dicapai. Tetapi, harganya akan menyelamatkan kantong Anda. Jika tertarik, pastikan Anda mengetahui persyaratan kpr yang diperlukan.

4. Proses Perbaikan

Jika Anda membeli rumah subsidi, maka Anda tidak boleh mengubah bentuk fisik rumah sembarangan. Hal ini berlaku selama dua tahun pertama kepemilikan rumah tersebut. Sedangkan, jika memiliki rumah komersil Anda bisa mengubah bentuknya kapan saja.

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, pastikan Anda mengetahui perbedaan kpr subsidi dan non subsidi. Hal ini penting supaya Anda bisa membayar sesuai dengan kesepakatan dan mendapatkan pelayanan yang terbaik. Demikianlah, pembahasan mengenai perbedaan rumah subsidi dan komersil yang perlu Anda ketahui. Pastikan Anda memilih rumah sesuai dengan keinginan dan anggaran Anda. Supaya Anda bisa segera mendapatkan kesempatan untuk mewujudkan rumah impian Anda.

Jual Beli Properti Rumah Apartemen Tanah