Cari Tahu Tentang Desain Interior Rumah Minimalis Yuk!

By Admin - 21 April 2022

Desain interior rumah gaya minimalis kini sudah menjadi trend di kalangan masyarakat. Banyak hal yang perlu diurus seperti urusan interior, rancangan atau desain serta dekorasi yang wajib diselesaikan agar Anda benar-benar dapat mempunyai sebuah hunian idaman dengan interior menyesuaikan anggaran yang ada.

Desain Interior Berdasarkan Jenis Ruangan

Desain interior rumah yang mungil tidak hanya memberi kesan yang cantik, akan tetapi juga membuat rumah terlihat mewah dan elegan. Interior design tersebut juga menginspirasi atau memberikan motivasi untuk mempunyai rumah dengan kenyamanan tanpa harus dengan lahan yang luas dan budget yang mahal.

Interior Ruang Tamu

Ruang tamu yang bergabung dengan ruang keluarga adalah tipe rancangan pada konsep rumah minimalis. Bentuk ini sering diterapkan pada rumah-rumah yang memiliki tipe 45 ke bawah. Apa yang menjadi alasan mengapa ruang tamu dan ruang keluarga? Hal tersebut disebabkan lebih baik memaksimalkan pada ruangan yang mempunyai kegunaan penting seperti kamar mandi dan kamar tidur.
Interior Ruang Tamu

Supaya saat berkumpul keluarga suasananya menjadi lebih asyik, Anda dapat menambahkan TV yang bisa ditempelkan pada dinding. Dengan mengaplikasikan hal itu, Anda bisa memperoleh interior yang lebih luas untuk meletakkan perabot yang lain.

Anda dapat menempatkan sebuah sofa empuk dengan desain sederhana. Meskipun berukuran kecil, unsur keindahan ruang tamu dan ruang keluarga tidak boleh diabaikan juga, Anda bisa menambahkan dekorasi seperti karpet, bunga-bunga segar yang diletakkan di dalam vas, serta beberapa cushion dengan sampul berwarna dan memiliki motif yang menarik.

Desain Ruang Keluarga

Desain interior rumah untuk ruang keluarga ini selain bisa bergabung dengan ruang tamu, rancangan ruang keluarga juga dapat dipadukan dengan dapur serta ruang makan. Aktivitas keluarga biasanya akan berpusat di dapur juga ruang makan selain di samping ruang TV.

Supaya bisa tetap menjaga suasana pada ketiga ruangan tersebut, Anda perlu mengkonsep tema yang cocok dengan fungsi triple ruangan tersebut. Sebagai contoh, tema putih kombinasi dengan perabotan dan juga rancangan dekor bercorak monokrom.
Ruang Keluarga

Sebaiknya hindari penggunaan warna yang terkesan gelap pada ruangan serbaguna yang minimalis, terutama bagian dinding. Tetapi apabila Anda menyukai warna tersebut, jangan aplikasikan warna gelap itu sebagai warna yang mendominasi.

Interior ruang keluarga yang bergabung dengan dapur maupun ruang makan bahkan ruang tamu, penggunaanya sudah sangat umum pada rumah vertikal seperti rumah susun dan apartemen.

Interior Rumah Mungil Bagian Dapur

Meskipun mempunyai fungsi khusus tidak menutup kemungkinan area dapur bersatu dengan ruangan lainnya, terutama ruangan keluarga. Apabila ingin memberikan sekat antara kedua ruangan tersebut, Anda dapat mengakalinya dengan meletakkan perabot pada ruang keluarga yang cenderung menjorok ke dalam.

Selain itu Anda juga dapat memfungsikan dapur sebagai washing area. Aliran buangan airnya bisa dengan menggunakan pipa pembuangan air.

Interior Kamar Mandi Serbaguna

Desain interior selanjutnya adalah kamar mandi multifungsi. Sebenarnya kamar mandi sejak dulu sudah digunakan sebagai tempat mencuci. Saat ini banyak orang yang menerapkan rancangan ini pada rumah-rumah minimalis serta apartemen.

Bagi Anda yang mempunyai mesin cuci, supaya tidak basah dan tidak cepat rusak, Anda bisa menempatkan mesin cuci di atas lapisan plastik atau di dalam lemari yang ada di kamar mandi.
Interior Kamar Mandi

Selain mencuci, jika Anda ingin berdandan maka Anda juga dapat memanfaatkan ruangan ini. Anda bisa meletakkan perlengkapan make up pada lemari khusus di kamar mandi. Hal itu juga dapat menghindari supaya kamar tidur Anda tidak berantakan. Jangan lupa juga untuk memfasilitasi kamar mandi tersebut dengan penerangan yang tepat supaya refleksi wajah tampak maksimal.

Interior Kamar Tidur Bergabung dengan Ruang Belajar

Memiliki ruangan kerja sendiri di rumah pasti menyenangkan, akan tetapi apabila luas interior rumah yang tidak terlalu mendukung tentu akan menyebabkan masalah. Solusinya, Anda dapat menggabungkan ruangan itu dengan area rumah yang lain. Sebagai contoh menggabungkannya dengan kamar tidur.
Kamar Tidur dan Ruang Belajar

Agar kamar tidur lebih eksklusif, maka Anda dapat meletakkan sekat yang tidak permanen di antara kedua ruangan tersebut. Beberapa contoh yang dapat dijadikan sekat antara lain adalah sofa minimalis, rak buku maupun tirai.

Rumah mungil dan simple akan tetap berfungsi secara optimal apabila kita pandai serta kreatif menata segala sesuatu yang ada di dalamnya. Semoga desain interior rumah minimalis di atas dapat membantu Anda menyusun ruangan untuk rumah minimalis.

Jual Beli Properti Rumah Apartemen Tanah