10 Inspirasi Warna Cat Rumah Estetik

By Swi - 12 November 2023
DAFTAR ISI

Tak bisa dipungkiri jika pemilihan cat rumah menjadi salah satu faktor penentu tampilan hunian secara keseluruhan. Oleh karena itu sangat lah penting memahami karakter warna agar mampu memilih cat rumah estetik.

Beberapa warna elegan yang pada dasarnya berasal dari warna permata dan logam dapat menjadi pilihan warna cat rumah aesthetic. Namun semua itu tetap tergantung dengan selera sang pemilik karena ada beberapa hunian yang justru menggunakan warna yang terlihat vokal.

Nah bagi yang sedang membutuhkan inspirasi pilihan warna cat rumah estetik, bisa menyimak uraian pada artikel di bawah ini.

Daftar Rekomendasi Warna Cat untuk Rumah Tampil Estetik

Sebenarnya tak ada patokan pasti warna apa sajakah yang dapat menjadi pilihan cat rumah estetik. Karena sekali lagi, semua itu tergantung pada selera pemilik hunian. Namun bagi yang masih bingung, yuk simak rekomendasi warna cat rumah estetik berikut ini.

1. Warna Elegan Pink Feminin

Warna Elegan Pink Feminin

Kompas

Rekomendasi warna cat rumah estetik yang pertama adalah warna pink pastel. Ya siapa sangka warna yang identik dengan kelembutan dan sisi feminisme wanita ini juga bisa lho membuat hunian terlihat berbeda. Meskipun tentu saja kesan feminim tetap mendominasi.

Agar terlihat berkelas dan tak monoton, maka bisa Anda padukan dengan warna netral semisal putih. Untuk bagian dalam ruangan gunakanlah berbagai perabotan simple seperti sofa berwarna tanah dengan meja dan lemari dari bahan kayu.

2. Warna Violet yang Menenangkan

Warna Violet yang Menenangkan

Pixabay

Warna ungu atau violet juga bisa menjadi rekomendasi cat rumah estetik. Namun agar tak terlihat gelap dan kusam, jangan gunakan warna ini pada keseluruhan bidang hunian. Misalkan gunakan warna violet sebagai warna tembok kamar estetik.

Untuk warna lantainya gunakan warna terang seperti putih atau krem susu, lalu tambahkan karpet bermotif etnik untuk mempermanis suasana. Kesan kaku bisa diperlembut dengan penggunaan furniture kayu dengan gradasi warna tanah atau warna netral kuat seperti hitam.

3. Warna Moccasin Klasik

Warna Moccasin Klasik

Unsplash

Jika mencari cat depan rumah estetik namun tetap klasik dan elegan, Anda bisa menggunakan warna moccasin.

Yaitu gradasi warna-warna kuning kecoklatan, mulai dari mocca, granola, hazelnut, cinnamon hingga tan. Padukan dengan warna hitam dan krem untuk mempermanis cat rumah aesthetic bagian luar tersebut.

Sedangkan bagian dalam ruangan bisa menggunakan cat dalam rumah estetik paduan antara putih dan krim untuk mempertegas kesan klasik. Selain itu paduan warna interior tersebut juga membuat ruangan tampil elegan, tenang, nyaman dan bersih kekinian.

Sebab warna putih krem ​​adalah paduan warna sempurna untuk berbagai printilan di dalam ruangan, mulai dari furnitur hingga hiasan serta berbagai aksen rumah lainnya.

4. Abu-abu yang Tak Membosankan

Abu-abu yang Tak Membosankan

Pixabay

Abu-abu juga bisa menjadi pilihan bagi cat rumah estetik yang netral dan memenuhi banyak selera sepanjang masa. Warna ini bahkan menjadi pilihan banyak rumah bagi kaum muda yang mengusung konsep industrial minimalis.

Namun warna abu-abu juga bisa diterapkan pada model rumah klasik sebagaimana gambar di atas. Padukan warna abu dengan warna putih untuk kesan lembut dan hitam jika ingin mempertegas karakter fasad rumah.

Warna abu-abu memang bisa dikatakan merupakan warna Ajaib yang dapat masuk pada semua tema dan gaya. Bahkan pada bangunan kayu, abu-abu juga bisa menjadi cat rumah kayu estetik.

Demikian pula pada bagian dalam rumah, Anda tetap dapat mengusung warna fasad ini ke dalam. Namun tentu saja tak mungkin disapukan ke dalam seluruh permukaan dinding bukan? Pilihlah beberapa ruangan saja agar tampilan interior tak kusam dan monoton.

Misalnya menggunakan warna yang lebih kuat dari putih ini untuk salah satu bagian dinding dapur atau tempat tidur.

Lantas selaraskan warna abu-abu dengan karya seni, furniture atau berbagai Pernik rumah dengan warna-warna kayu atau hitam. Sedangkan pada bagian langit-langit rumah gunakanlah warna putih bersih.

5. Elegan dengan Cokelat

Elegan dengan Cokelat

Pixabay

Coklat dan hitam serta gradasi warnanya juga merupakan kombinasi cat rumah estetik yang dapat Anda jadikan pilihan. Pasalnya cat rumah yang estetik ini mampu membantu tampilan rumah terlihat elegan meskipun keseluruhan bangunan menggunakan warna yang sama.

Contohnya bangunan rumah pada gambar di atas. Keseluruhan bangunan hunian tersebut menggunakan warna yang sama, yaitu coklat. Namun untuk memperindah, digunakanlah gradasi warna coklat agar dinding terlihat estetik.

Pun demikian dengan bagian dalam ruangan yang tetap konsisten dengan warna coklat mesi pada gradasi yang paling muda.  Untuk kesan dramatis, jangan lupa gunakan lampu berwarna kuning yang mampu menghadirkan rasa hangat.

6. Warna Sederhana Beige

Warna Sederhana Beige

Cocolapinedesign.com

Masih berkutat dengan warna coklat, kali ini ada warna cat depan rumah estetik berwarna beige. Pemilihan warna ini mampu menghadirkan suasana yang tak akan berkesan membosankan serta hambar, meskipun warna ini konsisten digunakan hingga ke dalam rumah.

Namun untuk mempermanis tampilan Anda harus memilih furniture dengan warna-warna shade beige yang berbeda-beda. Dengan demikian maka akan tercipta tampilan kontras yang serasi dengan warna dasar bangunan.

Untuk menambah kesan gaya namun tetap elegan, pajanglah beberapa hiasan dengan aksen metalik. Jangan lupa gunakan juga kombinasi pencahayaan, untuk menciptakan kesan dramatis nan hangat.

7. Warna Putih Abadi

Warna Putih Abadi

Inspirasi cat rumah estetik yang hampir selalu digunakan baik untuk cat tembok kamar aesthetic maupun cat luar rumah estetik adalah putih. Bisa dikatakan jika warna ini adalah warna abadi yang tak akan pernah gagal diterapkan ke tema hunian apapun.

Mulai dari rumah dengan tema klasik hingga rumah bertema modern atau minimalis, putih akan tetap saja cocok menyatu. Karena putih adalah warna netral, maka Anda tak perlu repot mencari kombinasi warnanya karena semua warna akan masuk.

Hal tersebut karena warna putih mampu meredam pancaran semua warna yang ada. Untuk menciptakan nuansa elegan, gunakan jenis furniture kayu dengan warna aslinya. Atau jika ingin bermain warna gunakan 2 atau 3 warna-warna pastel agar suasana tampak ceria.

8. Kuning yang Ceria

Kuning yang Ceria

Siapa bilang warna kuning tak bisa untuk menghiasi hunian. Justru pada beberapa rumah kekinian, warna kuning sengaja diadopsi untuk meningkatkan mood bagi penghuninya. Pasalnya warna hangat ini mampu menghembuskan karakter ceria dan memberi kesan luas.

9. Merah yang Menggairahkan

Merah yang Menggairahkan

Antic & Chic

Jika Anda ingin menghadirkan kesan mewah pada hunian, cobalah bereksperimen dengan warna merah. Pilih warna merah maroon agar hunian terkesan mahal. Agar tak monoton kombinasikan dengan warna yang pantas disbanding seperti hitam, putih, beige dan hijau.

10. Segar dengan Hijau Mint

Segar dengan Hijau Mint

Kucha.me

Untuk tampil gaya berbeda yang sarat kesegaran, warna mint green adalah pilihan yang sangat dianjurkan. Agar memiliki tampilan yang manis, padukan interior dengan berbagai perabot kekinian dalam balutan warna putih..

Frequently Asked Question:

1. Merek cat dalam rumah yang bagus apa?

Beberapa ahli desain interior merekomendasikan beberapa merek ini untuk pemakaian dalam ruangan, yaitu Dulux Catylac Interior dan Nippon Paint. Selain itu ada juga merk Avitex, Jotun serta Decolith.

2. Cat rumah warna putih cocok dengan warna apa?

Karena putih termasuk warna netral maka pengaplikasian warna apapun sebagai kombinasinya akan cocok.

3. Warna apa saja yang elegan?

Beberapa warna yang tampak elegan antara lain biru laut, hijau tua, merah tua dan hitam.

4. Cat depan rumah yang bagus warna apa ya?

Rekomendasi cat fasad rumah adalah putih, abu-abu, coklat, biru laut, hijau daun, merah anggur serta hitam klasik.

Penutup

Semoga uraian mengenai pilihan warna cat rumah estetik di atas dapat menginspirasi dan dapat Anda gunakan di rumah, selamat mencoba! 

Jual Beli Properti Rumah Apartemen Tanah