10 Inspirasi Desain Rumah Kotak Sederhana dan Menarik

By Sulis - 13 November 2023
DAFTAR ISI

Semakin berkembangnya zaman, semakin bermacam-macam model desain rumah. Desain rumah kotak sederhana menjadi cukup populer, meski tampak sangat minimalis. 

Rumah kotak memang masih belum terlalu banyak di Indonesia daripada rumah atap miring. Umumnya para peminat desain rumah kotak adalah mereka pasangan muda yang senang dengan konsep rumah sederhana.

Fasad rumah yang unik dengan tampilan berbeda menjadi daya tarik tersendiri dari rumah kotak. Jendela besar yang mencolok juga menjadi pembeda desain rumah ini dengan desain rumah lainnya. 

Desain Rumah Kotak Sederhana

Memilih desain rumah kotak sederhana mungkin akan terasa susah dengan banyak pilihan yang bagus. Namun, Anda bisa menyesuaikan dengan selera dan keinginan. Berikut desain rumah kotak sederhana yang bisa Anda gunakan:

1. Desain Rumah Kotak Monokrom

Desain Rumah Kotak Monokrom

Sumber: Dark-render.com

Inspirasi desain rumah kotak sederhana yang pertama yakni desain rumah kotak monokrom. Sesuai namanya, desain rumah ini lebih dominan kombinasi warna hitam dan putih. 

Memiliki warna yang minim, membuat bangunan rumah tampak lebih simple dan elegan. Tentunya dengan tambahan jendela-jendela besar, membuat fasad rumah kotak monokrom terlihat lebih keren.

Namun, yang perlu diperhatikan dalam penggunaan jendela besar adalah perawatan yang cukup sulit. Terutama saat membersihkan jendela bagian luar yang lumayan tinggi.

2. Model Rumah Kotak Kombinasi Batu Alam

Desain Rumah Kotak Batu Alam

Sumber: metakontruksi.com

Ide desain rumah kotak selanjutnya yakni model rumah kotak kombinasi batu alam. Desain yang terkesan lebih alami dan natural dengan ornamen-ornamen alam seperti tumbuhan dan dedaunan. 

Bagi Anda yang menyukai konsep alam, desain rumah kotak sederhana ini bisa jadi pilihan. Terlebih jika Anda senang berkebun atau menanam tumbuhan, maka tidak salah jika memilih desain ini sebagai rumah impian. 

Permasalahan yang sering muncul dari penggunaan batu alam adalah warna yang bisa pudar seiring waktu. Namun, Anda bisa menyelesaikan masalah ini dengan mengecat uang atau memberi cairan pengkilap pada batu alam.

3. Rumah Kotak Satu Lantai

Desain Rumah Kotak 1 Lantai

Sumber: Archilovers

Jika Anda mencari desain rumah dengan budget yang murah, maka desain rumah kotak satu lantai bisa menjadi rekomendasi terbaik. Ciri desain yang sangat sederhana dengan model simpel tanpa adanya ornamen yang mencolok. 

Desain rumah yang satu ini tidak terlalu luas. Warna putih pada fasad akan memberikan kesan elegan. Nyaris berbentuk kotak sempurna, desain yang satu ini sangat simpel dan sederhana. 

Meski demikian, desain ini tidak kalah estetik terutama bagi para pecinta desain minimalis.

4. Rumah Kotak Ada Kolam Renang di Depan

Desain Rumah Kotak Kolam Renang

Sumber: paulshi.com

Desain rumah kotak yang bisa jadi inspirasi adalah rumah kotak dengan kolam renang di depan. Dari depan saja rumah impian Anda akan tampak mewah dan megah meski desainnya cukup sederhana.

Berenang bisa jadi salah satu refreshing, setelah penat bekerja seharian. Selain itu, berenang juga bisa bermanfaat bagi kesehatan. Namun, Anda juga perlu memperhatikan keamanan anak-anak saat berada di area kolam renang.

Biasanya bagian yang menghadap kolam renang dibuat open space dengan furniture yang menghiasi. Ciri khas lainnya yakni lampu kuning pada dinding-dinding yang semakin membuat desain ini mewah.

5. Desain Rumah Kotak Minimalis 2 Lantai dengan Roster Terakota

Desain Rumah Kotak Roster

Sumber: Arsitag.com

Roster dapat membuat rumah lebih estetik. Oleh karena itu, penggunaan roster seringkali diterapkan pada beberapa desain rumah. Salah satunya desain rumah kotak dua lantai minimalis. 

Ada banyak model roster yang bisa Anda pilih. Hal paling penting, sesuaikan warna dan motif roster dengan cat pada fasad atau ornamen lainnya. 

Desain yang sederhana dengan warna-warna alami, sangat cocok untuk dipasang roster pada bagian fasad rumah. Namun, Anda perlu memperhatikan perawatannya saat menggunakan roster, karena cukup sulit.

6. Desain Rumah Kotak Industrial

Desain Rumah Kotak Industrial

Sumber: Pinterest

Desain industrial menjadi desain yang cukup banyak diminati karena konsepnya yang berbeda dari yang lain. Seringkali konsep industrial digabungkan dengan konsep rumah kotak, yang menambah kesan elegan dari desain tersebut. 

Model rumah kecil industrial menggunakan teknik minim finishing. Selain itu, tambahan tanaman-tanaman seperti kaktus dan tanaman yang tidak membutuhkan banyak air lainnya juga cocok untuk desain rumah satu ini. 

Tampak sangat tenang dan estetik membuat desain rumah kotak sederhana industrial banyak diminati, terutama pasangan muda yang memiliki keluarga kecil. 

7. Rumah Kotak Nuansa Tropis

Desain Rumah Kotak Tropis

Sumber: Pinterest

Ide desain berikutnya yang bisa Anda gunakan yakni dengan menyesuaikan dengan iklim. Tinggal di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia, tentunya sangat cocok menggunakan desain kotak bernuansa tropis.

Fasad pada desain nuansa tropis ini didominasi dengan tumbuhan-tumbuhan tropis. Tidak jarang tanaman dibuat menjalar pada dinding-dinding membuat rumah impian Anda terasa sejuk dan nyaman.

Kombinasi antara warna hijau dari tanaman, putih cat dinding, dan ornamen kayu akan menambah kesan tropis dari desain rumah kotak.

8. Model Rumah Kotak Full Dinding Bata

Desain Rumah Kotak Batu Merah

Sumber: design-milk.com

Batu bata merupakan material yang banyak digunakan di Indonesia. Ada berbagai jenis batu bata, salah satunya yakni bata merah. Bata merah terbuat dari tanah liat dan material ini sudah ada sejak lama. 

Bata merah sangat estetik apabila dijadikan sebagai fasad rumah kotak. Model rumah kotak dengan full bata akan membuat siapapun yang melihatnya terpukau. Namun, tentunya pemasangan full bata akan memakan waktu cukup lama. 

9. Rumah Kotak Motif Floral Kombinasi Batu Alam

Desain Rumah Kotak Kombinasi Motif Floral

Sumber: Nawakarya.co.id

Konsep estetik yang juga bisa Anda gunakan yakni desain rumah kotak motif flora kombinasi batu alam. Anda bisa memesan ukiran atau bentuk batu alam yang menyerupai aneka flora. 

Selain itu, desain ini menggunakan roster pada bagian fasad maupun pagar, sehingga menambah kesan alam. Namun, perawatan pada batu alam juga perlu secara rutin agar tidak terlihat kotor.

10. Desain Rumah Kotak Sederhana, tapi Elegan

Desain Rumah Kotak Elegan

Sumber: Pinterest

Ide desain rumah terakhir yang bisa jadi pilihan adalah desain rumah kota sederhana tapi elegan. Meskipun desainnya hanya berbentuk kotak, pemilihan warna dan ornamen dapat memberikan kesan elegan. 

Anda bisa menambahkan profil pada fasad, memilih warna-warna cerah, serta tambahan lampu pada dinding depan. Dengan demikian rumah akan terlihat elegan dan mewah meski dengan desain sederhana. 

Anda masih bingung untuk menemukan ide desain rumah kotak sederhana. Tidak perlu khawatir, saat ini sudah banyak sekali situs yang memberikan ide desain secara cuma-cuma.

Pastikan saat membangun rumah, Anda percayakan kepada ahlinya seperti jasa arsitek profesional. Jika tidak mau repot bangun dari 0, Anda bisa pertimbangkan untuk membeli rumah siap huni. Demikian ide desain rumah kotak sederhana yang kami bahas. Semoga bermanfaat!

Jual Beli Properti Rumah Apartemen Tanah