10 Keunggulan Rumah Estetik Minimalis yang Harus Diketahui

By Swi - 12 November 2023
DAFTAR ISI

Memiliki rumah adalah harapan semua orang apalagi yang sudah berkeluarga. Pilihan rumah estetik minimalis adalah pilihan tepat untuk hunian kekinian sebab tidak membutuhkan area cukup luas.

Dengan berbagai desain menarik dan keren, rumah model minimalis sarat nilai estetik tapi tetap memancarkan kenyamanan bikin penghuni kerasan. Apa keunggulan dan yang perlu menjadi perhatian saat membangun rumah minimalis desain terbaru?

Keunggulan Rumah Estetik Minimalis

Model rumah minimalis sederhana akhir-akhir ini begitu populer dengan desain tak kalah mumpuni. Rumah estetik minimalis memiliki konsep yang sederhana tetapi lengkap sebagaimana rumah pada umumnya.

Model rumah minimalis sederhana

Desain interior, pilihan pencahayaan, warna dan yang lainnya lengkap. Banyak keunggulan model rumah minimalis 2023 yang harus diketahui, antara lain:

1. Efisiensi Budget

Keunggulan utama adalah efisiensi budget meskipun tetap lengkap tetapi lebih sederhana dan tidak terlalu banyak. Fokus utama pada tujuan fungsional dan penataan ruang agar mencukupi dengan perabotan yang praktis saja.

2. Sederhana tapi Tetap Keren

Gaya dan desain rumah minimalis long lasting artinya tidak lekang oleh waktu. Meskipun model sederhana tetap terlihat keren daripada rumah lain pada umumnya.

Sederhana tapi Tetap Keren

Susunan rumah minimalis dengan tema tepat sesuai keinginan dapat tercipta asalkan penempatan pas sehingga rumah tetap terkesan luas.

3. Mudah Dibersihkan

Rumah minimalis lebih mudah membersihkannya dan tidak membutuhkan waktu lama. Penataan perabotan yang lebih lega akan menghemat waktu bersih-bersih rumah dan sirkulasi udara lebih optimal.

Minimnya perabotan menciptakan ruang longgar dan nyaman dengan kebersihan terjaga untuk kesehatan optimal.

4. Efisiensi Ruang

Estetik minimalis dalam sebuah hunian memberi pengaruh efisiensi ruang. Desain efisien berguna memaksimalkan fungsi semua ruang dengan lebih baik. Jadi, walau lahan minim, terbatas dan sempit tetap dapat menciptakan rumah impian.

5. Pencahayaan Alami

Rumah tipe minimalis pada umumnya menggunakan pencahayaan alami sebanyak mungkin. Pencahayaan pada desain rumah minimalis elegan menciptakan ruangan yang cerah dan nyaman.

rumah dengan pencahayaan alami

Bahkan pencahayaan alami mampu menghemat banyak biaya listrik dan tentunya menyalakan lampu lebih hemat pada siang hari karena langsung sinar matahari.

6. Hemat Energi

Desain untuk rumah minimalis 2023 untuk hunian hemat energi perabotan menyesuaikan fungsi. Dengan perabotan secukupnya, kebutuhan energi dalam hal apapun lebih hemat. Selain itu sirkulasi udara berjalan baik dengan desain keluar masuk udara secara maksimal.

7. Menenangkan

Kesan pada rumah estetik minimalis adalah menenangkan. Hunian simpel dengan desain ekstra sederhana mampu menciptakan kesan menenangkan khususnya bagi para penghuninya.

Rumah yang menenangkan

Pilihan warna netral membuat suasana nyaman dan membumi sehingga perasaan tenang dan pikiran jernih. Saat capek bekerja dan pulang ke rumah otomatis membuat pikiran segar kembali.

8. Memaksimalkan Furniture

Fungsi furnitur ada beragam sesuai masing-masing tetapi pada rumah minimalis biasanya furniture berguna juga sebagai dekorasi ruangan. Jadi, interior ruangan praktis karena multifungsi selain sebagai furniture, sekaligus menjadi dekorasi unik dan fungsional mumpuni.

9. Fleksibilitas

Tempat hunian dengan model minimalis estetik memberi keunggulan lain berupa fleksibilitas. Fleksibel dalam artian mudah saja jika ingin mengganti tema lainnya. Tampilan rumah yang kadang membosankan dapat diubah sesuai selera menyesuaikan dana yang ada.

Misalnya saja ingin mengubah warna tembok, tinggal memadupadankan warna yang disukai saja. Bahkan untuk merenovasi juga memungkinkan agar benar-benar elegan sesuai keinginan.

10. Harga Bisa Tinggi

Desain yang tak biasa dengan interior dan eksterior unggulan membuat rumah estetik minimalis banyak penggemarnya. Maka, jika suatu hari ingin menjualnya bukan masalah lagi sebab nilai jual dijamin tinggi.

Nilai jual cukup tinggi tentunya menguntungkan dan ada keuntungan yang didapat. Memiliki rumah model estetik minimalis sangat menguntungkan dalam berbagai hal, jadi jangan ragu untuk mendesain dengan tema unik dan menarik.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membangun Rumah Estetik Minimalis

Hunian dengan model rumah estetik unik dengan berbagai keunggulan. Akan tetapi, ketika memutuskan untuk memilikinya, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian, apa saja?

1. Cek Luas Tanah

Mengetahui luas tanah adalah hal utama yang wajib diketahui. Dengan tahu luas areanya maka dapat membuat konsep sesuai selera baik perabotan, warna, gaya desain dan yang lainnya.

2. Menentukan Desain

Dapat dikatakan desain rumah estetik merupakan hal kedua yang menjadi perhatian sebab akan berpengaruh pada biaya, tekstur dinding dan perabotan. Dengan menentukan desain, maka dapat memutuskan bahan untuk mempersiapkannya.

Selain itu menentukan warna palet tembok untuk menyesuaikan warna hunian. Jika menggunakan wallpaper, dapat menyesuaikan motifnya seperti apa. Dengan bergaya minimalis, jangan terlalu memilih warna ramai sehingga terkesan mempersempit ruangan.

Warna pastel dan netral lebih menarik dan cocok meskipun nanti perlu menambah satu warna unik yang menonjol pada salah satu bagian.

Selanjutnya perhatikan perabotan agar tidak memilih dengan ukuran besar yang akan memberi kesan sempit. Memilih perabot berdasar fungsinya saja dan menyesuaikan area yang akan menjadi penempatannya.

3. Furniture Multifungsi

Rumah minimalis modern perlu memperhatikan pilihan perabotan yang multifungsi. Misalnya saja saat memilih tempat tidur sekaligus dengan desain bawah berupa laci-laci. Laci dapat bermanfaat sebagai lemari pakaian atau wadah pernak pernik.

4. Pengaturan Pencahayaan

Pencahayaan yang bagus yang langsung dari sinar matahari pada siang hari. Memperbanyak jendela bisa menghadirkan sinar mentari secara langsung membuat rumah lebih sehat dan sirkulasi udara maksimal.

Cara lainnya memasang lampu pada dinding agar pencahayaan maksimal saat malam hari.

5. Ornamen Menonjol

Untuk hunian keren, jangan lupa menambahkan satu ornamen menonjol supaya terlihat makin estetik. Misalnya saja pada permainan warna mencolok pada salah satu bagian ruangan sehingga terkesan unik.

Dapat pula memilih karya seni berupa lukisan warna mencolok, guci unik dan estetik atau tumbuhan hijau nan sejuk pada sudut ruangan. Kesan luas dan estetik minimalis akan tercipta dengan sendirinya.

Penutup

Banyak keunggulan rumah estetik minimalis antara lain hemat biaya, menenangkan, memaksimalkan furniture, hemat ruang hingga hemat energi. Dengan desain keren dan estetik, hunian minimalis memiliki nilai jual tinggi pada masa akan datang.

Questions And Answers

1. Uang 50 juta bisa bikin rumah seperti apa?

Dengan uang 50 juta dapat membangun rumah luas 20 meter persegi dengan konsep minimalis dan interior rumah sangat sederhana.

2. Apa yang dimaksud rumah minimalis?

Rumah minimalis adalah hunian sederhana dengan tata ruang simpel, efisien dan interior minimalis agar terkesan lebih luas. Namun tidak menyepelekan unsur kenyamanannya.

3. Apa itu desain rumah minimalis modern?

Rumah desain minimalis modern adalah hunian yang menonjolkan fungsi dengan kesederhanaan. Desain sangat disukai banyak orang karena nyaman, mudah perawatan dan terkesan luas meskipun pada lahan terbatas.

Jual Beli Properti Rumah Apartemen Tanah