10 Inspirasi Desain Interior Rumah Kayu Klasik

By Sulis - 21 November 2023
DAFTAR ISI

Cukup banyak orang yang ingin memiliki rumah kayu. Desain interior rumah kayu klasik menawarkan estetika unik dan istimewa jika dibandingkan dengan rumah-rumah lainnya. 

Rumah kayu membawa aura kehangatan keluarga dan kedekatan dengan alam. Ketika pulang ke rumah seperti ini, Anda akan merasakan ketenangan. Rumah seperti ini cocok untuk melepas penat setelah seharian beraktivitas.

Inspirasi Desain Interior Rumah Kayu Klasik

Daya tarik rumah kayu ternyata cukup banyak. Rumah kayu tidak hanya mampu menyerap udara dan menjaga suhu yang stabil, tetapi juga menjadi alternatif hunian ramah lingkungan.

Apakah Anda tertarik untuk mempertimbangkan rumah kayu sebagai hunian keluarga? Jika Anda masih memerlukan inspirasi desain lebih lanjut, berikut inspirasi interior yang cocok melengkapi suasana kekeluargaan di rumah kayu klasik.

1. Interior Kayu Berwarna Tua untuk Kesan Sederhana

interior kayu warna tua

Sumber: Canva

Ingin menampilkan kesan sederhana pada rumah kayu? Terdapat cara yang bisa Anda lakukan. Salah satunya yaitu menggunakan elemen kayu berwarna tua.

Anda dapat memilih lantai dari material kayu berwarna gelap dan menggabungkannya dengan sofa yang memiliki warna serupa. Contohnya seperti warna lilac, abu tua, coklat tua, atau hitam.

Selain itu, tentu saja melengkapi interior dengan berbagai furniture. Menambahkan furnitur berbahan kayu seperti kursi, sofa, dan meja, dalam desain rumah akan memberikan kesan rumah yang hangat.

Anda juga lebih fleksibel dalam memilih berbagai jenis sofa sesuai selera demi mencapai tampilan desain rumah kayu yang Anda inginkan. Furniture tadi menjadi pelengkap suasana rumah impian Anda.

2. Rak Buku pada Ruang Tamu Full Kayu

interior rak buku kayu

Sumber: Canva

Memiliki seluruh perabotan yang berasal dari kayu tentu akan menarik. Contohnya pada ruangan utama yaitu ruang tamu. Jika ingin menciptakan suasana interior yang klasik di ruang tamu, Anda dapat memasang rak buku berbahan kayu yang tinggi.

Dengan adanya rak kayu ini, ruang tamu Anda akan diisi dengan nuansa klasik yang menyenangkan. Selain berguna sebagai tempat buku, rak tersebut juga dapat berfungsi menampilkan berbagai koleksi dan hiasan seperti gambar furnitur di atas rak.

Untuk meningkatkan kesan klasiknya lagi, pastikan Anda memilih warna kayu yang bernuansa yang lebih terang atau lebih gelap daripada lantai rumah. Sebab, pemilihan warna kayu akan berpengaruh terhadap suasana ruangan.

3. Interior Rumah Kayu Klasik Jendela Besar

interior rumah jendela kayu

Sumber: Canva

Karena bahan alaminya, rumah kayu kadang-kadang lebih lembap daripada rumah biasa. Oleh karena itu, sebaiknya rumah kayu memiliki banyak jendela dan pintu agar sirkulasi udara dalam ruangan lebih segar dan sehat.

Dengan memasang jendela yang luas, interior rumah kayu akan terasa lebih memberikan semangat kepada penghuninya. Sambil menampilkan desain rumah bergaya villa yang sering Anda temui di daerah pegunungan, tentu lebih sejuk.

Selain itu, jendela yang besar juga memberikan pencahayaan alami dari luar. Itu artinya bisa mengurangi biaya listrik bulanan yang Anda keluarkan. Cukup menarik bukan?

4. Furniture Kamar Tidur dengan Warna Senada

kamar tidur nuansa kayu

Sumber: Canva

Sekarang bagaimana dengan interior rumah kayu klasik pada kamar tidur? Agar totalitas dalam menerapkan konsep rumah kayu klasik, bagaimana jika menggunakan furnitur kamar tidur dengan warna senada?

Dalam kamar tidur ini, seluruh perabotannya memiliki warna dan bahan kayu yang seragam. Misalnya terdapat tempat tidur lipat yang berwarna senada dengan seluruh ruangan ketika dalam posisi terlipat.

Penggunaan desain yang seragam ini menambah nilai estetika pada interior Anda. Dengan begitu tampilan kamar terlihat rapi. Akhirnya memberikan kesan kamar tidur yang terorganisir dan estetis.

5. Desain Ruang Tamu yang Lebih Rendah

desain ruang tamu kayu

Sumber: Canva

Rumah kayu klasik juga kerap memiliki interior yang unik. Sebagai contoh desain ruang tamu rumah kayu yang lebih rendah dari ruangan lainnya. Anda bisa menghubungkan ruang tamu menggunakan tangga ke bawah.

Desain ruang tamu seperti ini memiliki ciri khas karena terletak pada level yang lebih rendah daripada ruangan lainnya. Sentuhan unik terdapat pada penggunaan tangga kayu yang menambah daya tarik interior. 

Sebaiknya Anda juga melengkapi ruang tamu dengan tanaman hijau yang mendapat sinar matahari langsung dari jendela kaca di atasnya. Dengan begitu akan tercipta suasana menyegarkan sekaligus sedap ketika mata memandang.

6. Kamar pada Atap Rumah

kamar di bawah atap rumah

Sumber: Canva

Apakah impian Anda termasuk memiliki kamar di atap rumah atau bagian loteng? Semuanya bisa terwujud asalkan merancang interior rumah kayu klasik yang estetis.

Kamar yang terletak di bagian atap rumah kayu biasanya memiliki skylight window. Tujuannya memastikan kamar ini selalu terkena cahaya matahari.

Skylight window adalah jendela atap yang memungkinkan cahaya matahari masuk ke dalam ruangan. Adanya fitur ini mampu mengurangi kebutuhan lampu pada siang hari dan menciptakan suasana yang cerah dan nyaman.

7. Kamar Mandi dengan Aksen Kayu

kamar mandi aksen kayu

Sumber: Canva

Kamar mandi yang dihias dengan elemen kayu akan memberikan kesan yang hangat dan alami. Salah satu pilihannya adalah menambahkan sentuhan kayu pada jendela kamar mandi. Adanya jendela ini akan menambah kesan alami dan menyegarkan.

Untuk tampilan yang lebih khas, Anda juga bisa melapisi sisi-sisi bathtub dengan bahan kayu. Penggunaan desain kayu seperti ini tentu akan terlihat unik. Selain itu juga bisa membantu menciptakan suasana yang hangat dan alami dalam kamar mandi Anda.

8. Interior Dapur Kayu Rustic

interior dapur kayu

Sumber: Canva

Bagaimana dengan nuansa rustic sebagai interior dapur rumah kayu? Anda bisa menghadirkan konsep rustic dalam dapur dengan memanfaatkan dinding-dinding berbahan kayu. Hasilnya memberikan kesan hangat dan sederhana.

Untuk tampilan yang lebih mewah, Anda dapat memilih kabinet dapur berwarna hitam yang elegan. Namun, mengingat dapur lembab dan rentan terhadap air, pastikan juga untuk melapisi kabinet kayu agar tahan terhadap paparan air.

9. Lengkapi Interior Rumah dengan Tanaman Hias

tanaman hias

Saat ini, tanaman hias semakin populer di kalangan beragam lapisan masyarakat. Tidak hanya ditempatkan di halaman atau di depan rumah, tanaman hias juga bisa berfungsi sebagai elemen dekoratif di dalam ruangan.

Dengan menggunakan tanaman hias, konsep interior rumah kayu yang simpel akan memberikan sentuhan alami dan menyegarkan. Anda dapat memilih dari berbagai jenis tanaman hias yang terletak di dalam vas bunga di tengah-tengah ruangan. 

Beberapa contoh tanaman hias yang dapat Anda pilih antara lain seperti kaktus, lavender, sansevieria, bougainvillea, kuping gajah, dan monstera. Selamat mendekorasi!

10. Gunakan Elemen Dekorasi yang Modern

elemen dekorasi modern

Tampilan rumah kayu klasik tapi tetap modern juga bisa loh asalkan memilih desain interior yang tepat. Untuk menciptakan tampilan interior rumah kayu modern, Anda dapat memasukkan sofa sebagai elemen perabotan dalam ruangan.

Tidak hanya berlaku di ruang tamu, sofa dapat ditempatkan di berbagai sudut rumah. Misalnya saja di ruang keluarga, kamar tidur, dan bahkan di area belakang taman.

Perabotan rumah ini akan memberikan sentuhan desain modern pada interior rumah kayu. Apalagi jika Anda memilih sofa dengan warna yang senada.

Contoh material kayu di dalam rumah Anda memiliki warna yang cerah dan permukaan yang halus. Anda bisa memilih sofa dengan warna netral seperti putih, ivory, atau coklat muda.

Selain sofa, manfaatkan juga elemen dekoratif dan perabotan yang mendukung kesan modern. Elemen dekoratif tersebut antara lain seperti meja tamu rendah dan lampu gantung kayu.

Sudah mulai tergambar interior rumah kayu klasik impian Anda bukan? Inspirasi desain tadi semoga bisa membantu. 

Siapapun dapat mewujudkan rumah impian asalkan memiliki konsep desain interior dan melengkapinya dengan perabotan yang tepat. Yuk, tentukan interior rumah impian Anda sekarang juga!

Jual Beli Properti Rumah Apartemen Tanah