4 Tips Mendesain dan Menata Ruang Tamu Kecil Elegan

By Pc - 03 June 2022

Ruang tamu memiliki peran penting untuk membangun first impression, karena ruangan inilah yang pertama kali dilihat oleh orang yang berkunjung ke rumah anda. Tapi, bagaimana jika luas ruang tamu anda terbatas?
ruang tamu kecil elegan
Tenang , dengan memanfaatkan beberapa tips desain ruang tamu kecil elegan maka ruang tamu anda akan tampak lebih berkelas. 

Tips Mendesain Ruang Tamu Kecil Elegan

Selain memahami apa saja desain dekorasi kamar aesthetic, desain ruang tamu juga perlu anda perhatikan. Nah, berikut tips-tips yang bisa anda gunakan untuk mendesain ruang tamu anda yang luasnya tidak seberapa, yaitu:

  • Gunakan warna-warna netral

Penggunaan warna-warna netral ini akan membuat rumah anda tampak lebih luas. Selain itu, warna netral juga cenderung mudah disesuaikan atau dengan kata lain bisa membaur dengan warna furniture apapun. Contoh-contoh warna netral yang sebaiknya anda pilih, seperti abu-abu, putih gading atau coklat. 

  • Manfaatkan jendela sebagai sumber pencahayaan alami

Letak pencahayaan yang tepat bisa memunculkan efek luas pada ruang tamu kecil anda. Serta, susun furniture dengan baik untuk menciptakan zona yang lebih fungsional. Kemudian, perbanyak sumber pencahayaan bisa dari lampu ataupun cahaya alami. 

Namun, sebaiknya anda mengandalkan fungsi jendela besar sebagai lubang udara masuknya sinar matahari. Karena hal tersebut akan membuat rumah tampak lebih lega.

  • Beri tambahan elemen kayu untuk memberikan kesan bersih

Elemen kayu memang identik dengan rumah bergaya klasik, namun jika anda bisa memadupadankan dengan baik maka akan menghasilkan rumah bergaya modern klasik. 
Contoh ruang tamu elegan

Penggunaan elemen kayu dapat anda terapkan pada lantai, atau sofa dan rak yang bernada sama. Dengan begitu ruang tamu anda terkesan hangat dan juga bersih.

  • Satukan ruang tamu dengan ruang makan

Agar rumah anda tidak terlihat padat dan sumpek, anda bisa menyatukan dua fungsi ruangan sekaligus, tanpa memberikannya sekat. Misal, ruang tamu disatukan dengan ruang keluarga atau ruang makan. 

Di samping itu, konsep rumah tanpa sekat dapat membangun karakter anggota keluarga untuk lebih dekat dan terbuka satu sama lain.

Cara Mengatur Ruang Tamu Agar Tampak Lebih Berkelas

Bagaimana cara menata ruang tamu supaya terlihat lebih berkelas, modern dan kekinian? Yakni menggunakan corak dan motif yang anti-mainstream. Misalnya, dengan memasang wallpaper dinding. 

Wallpapaer dinding adalah salah satu alternatif tercepat untuk membuat kesan yang berbeda. Bagi anda yang menyukai wallpaper bermotif warna gelap, maka anda bisa menggunakan furniture dengan warna yang lebih terang. 

Di samping itu, anda juga bisa menambahkan karpet sebagai ornamen pelengkap ruangan sekaligus menambah kesan luas pada ruang tamu kecil elegan. Cara di atas dapat dipraktekkan secara langsung, meskipun bagi anda yang masih pemula.

Jual Beli Properti Rumah Apartemen Tanah