Rumah Upin Ipin dengan Gaya Panggung Sederhana

By Admin - 09 December 2022

Rumah Upin Ipin menjadi salah satu topik yang sangat populer untuk dibahas. Hal tersebut dikarenakan animasi tersebut selalu ramai dibicarakan. Banyak yang menyatakan bahwa cerita animasi diangkat dari kisah nyata.

Terlepas dari kisah nyata atau tidak, ternyata tempat tinggal Upin Ipin benar adanya. Dari latar belakang cerita, saudara kembar ini tinggal bersama dengan kakak dan neneknya di rumah panggung sederhana.

Terdapat beberapa hal menarik dari hunian tersebut, di mana selain sederhana penataan ruangan di dalamnya juga tergolong rapi. Berikut beberapa bagian pada area rumah yang bisa dijadikan inspirasi ketika membangun hunian.

Bagian Rumah Upin Ipin yang Menarik dan Dapat Dijadikan Inspirasi

Sebelum membahas mengenai bagian-bagian tempat tinggal dari karakter Upin Ipin, ada baiknya untuk memahami arti rumah panggung. Model panggung merupakan tempat tinggal tradisional dengan dasar bangunan tidak menempel pada tanah.
foto rumah upin ipin

Tujuan hunian dibuat seperti panggung dengan penyangga tiang yaitu untuk menghindari masuknya binatang liar serta terbebas dari banjir dan tanah lembab. Gaya panggung juga dapat memberikan sirkulasi udara lebih baik.

Suasana tempat tinggal akan terasa sejuk karena udara secara tidak langsung bersirkulasi tidak hanya dari atas dan sekeliling hunian, namun juga berasal dari bawah rumah yang memiliki jarak dengan tanah.

Rumah Melayu pada animasi Upin Ipin terdiri dua bagian yaitu rumah ibu dan rumah dapur. Area rumah ibu dibuat dalam rangka penghormatan kepada peran ibu sebagai pengelola rumah tangga sehari-hari.

Rumah ibu terdiri dari ruang tamu serta kamar tidur, sedangkan rumah dapur dibuat terpisah atau lebih rendah untuk menghindari bahaya kebakaran menjalar secara cepat akibat api ketika kegiatan memasak dilakukan.

Jika dilihat baik-baik, tempat tinggal Upin Ipin juga memiliki dua bagian tersebut di mana area dapur dibuat lebih rendah dibandingkan ruangan utama. Berikut beberapa area lain dari rumah panggung tersebut.

  • Bagian Depan Sederhana, Berwarna Hijau dengan Halaman Luas

Salah satu ciri hunian Upin Ipin adalah adanya halaman luas di area tempat tinggal. Anda bisa menggunakannya sebagai inspirasi jika ingin memiliki tempat tinggal dengan halaman luas untuk bercocok tanam.

  • Bagian Dapur

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa bagian dapur hunian dibuat terpisah dan lebih rendah dari bagian utama. Area ini dibuat dengan sederhana dan memanfaatkan material yang banyak terbuat dari kayu.

Bagian kompor untuk memasak serta tempat cuci piring dibuat sejajar untuk memudahkan kegiatan memasak dan bersih-bersih. Sementara meja makan tepat di tengah ruangan tanpa penyekat tambahan.

  • Tidak Adanya Penyekat dari Bagian Utama ke Dapur

Saat melihat animasi, Anda akan menemukan bahwa hunian milik Upin Ipin tidak memiliki sekat penghubung bagian utama dengan dapur. Dua area tersebut hanya dipisahkan dengan tirai serta tangga ke bawah.

Tangga penghubung tersebut mengindikasikan bahwa bagian dapur memang didesain lebih rendah dibandingkan ruangan utama. Tangga sebanyak 3-4 tingkat menandakan perbedaan dari tinggi kedua ruangan tersebut.

  • Memiliki Bentuk Jendela Khas

Salah satu bagian yang perlu diperhatikan dalam hunian dengan gaya panggung adalah jendela. Pada beberapa hunian tradisional, Anda akan menemukan jendela unik berbentuk persegi dengan model kaca terbuka.

Berbeda dengan jendela modern yang dibuka ke arah samping atau keluar, pada jenis tradisional jendela dibuat membuka secara vertikal, di mana kaca akan digabung dengan pasak dari jendelanya.

  • Teras Khas

Bagian rumah lain yang bisa dijadikan inspirasi tempat tinggal adalah teras sederhana di depan hunian. Teras pada hunian di dalam animasi tersebut memiliki pinggiran kayu begitupun dengan bagian lantainya.

Dengan keunikannya, Anda bisa menggunakan beberapa bagian tersebut sebagai inspirasi tempat tinggal impian. Informasi tempat tinggal Upin Ipin tersebut cocok bagi Anda yang menginginkan hunian dengan gaya panggung tradisional.

Jual Beli Properti Rumah Apartemen Tanah