10 Interior Rumah Sederhana tapi Menarik Bisa Jadi Contoh!

By Sulis - 20 November 2023
DAFTAR ISI

Mencari inspirasi desain interior rumah sederhana tapi menarik memang diperlukan waktu yang tidak sebentar. Selain harus menyesuaikan dengan selera kita terhadap desain tersebut, kita juga harus memperhatikan sisi efisiensi biaya pengerjaannya.

Dengan begitu, kita bisa menghasilkan hunian yang nyaman dan estetik tanpa harus kehilangan banyak uang. Hal ini tentu menjadi cita-cita banyak orang yang baru saja memiliki rumah untuk ditinggali.

Jika Anda ingin membuat interior rumah kecil unik dan nyaman, mari simak bersama pembahasan kami berikut!

10 Interior Rumah Sederhana tapi Menarik

Rumah tentu tidak hanya tentang tampilan luarnya saja, tetapi justru akan lebih nyaman jika kita memperhatikan bagian interiornya. Berikut ini adalah beberapa inspirasi desain interior rumah sederhana yang cocok untuk Anda terapkan:

1. Rumah Sederhana dengan Aksen Kayu

Rumah Aksen Kayu

Sumber: Canva

Inspirasi desain interior yang pertama adalah penggunaan aksen kayu dalam menyusun sebuah ruangan. Aksen kayu memberikan kesan natural sehingga suasana rumah jadi lebih tenang, nyaman, dan mampu menjaga mood tetap baik.

Interior kayu bisa Anda mulai dengan memakai lantai vinyl sebagai dasarnya. Lalu, kombinasikan dengan berbagai furniture yang menambah kesan natural di dalam ruangan seperti pot tanaman, meja, dan tv kecil dengan warna putih atau warna cerah.

Akan lebih baik jika desain kayu tersebut memiliki tone warna yang sama di setiap objeknya. Dengan begitu, keselarasan warna kayu di berbagai objek akan membuat kesan natural di ruangan semakin estetik lagi.

2. Dapur dengan Konsep Mini Bar

konsep interior rumah dengan mini bar

Sumber: Canva

Selanjutnya, jika Anda ingin membuat interior rumah sederhana tapi elegan atau unik, maka pembuatan dapur dengan konsep mini bar bisa menjadi solusinya. Kesan unik dan vintage akan Anda dapatkan dengan desain dapur seperti ini.

Konsep mini bar sangat cocok untuk Anda yang suka menikmati kopi di pagi atau sore hari dengan pasangan yang siap melayaninya di dapur. Pemandangan yang cukup menarik bukan dari sebuah keluarga?

Terkadang, konsep mini bar seperti ini juga sangat menghemat ruang karena kita bisa menggunakan sekat antara dapur dan ruang makan sebagai meja. Hal ini membuat sudut ruangan lain bisa lebih lega untuk menaruh furniture lainnya.

3. Rumah Sederhana di Desa

interior rumah kayu

Sumber: Canva

Jika saat ini Anda tinggal di daerah pedesaan, maka desain interior rumah sederhana tapi menarik tetap bisa Anda hasilkan. Konsep rumah di desa akan semakin terasa dengan menyediakan satu ruangan dengan pintu atau jendela yang besar.

Tujuannya adalah untuk menikmati suasana luar ruangan yang asri dan indah. Agar semakin kental nuansa pedesaan, Anda bisa menggunakan furnitur berbahan dasar kayu jati dengan ornamen-ornamen seni yang tinggi.

Desain interior rumah sederhana di desa tidak selalu menghasilkan tampilan yang sederhana. Pemilihan furniture yang tepat terkadang justru memberikan tampilan yang cukup mewah. Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar dalam memilihnya.

4. Ruangan dengan Koleksi Pribadi

Rumah koleksi pribadi

Sumber: Canva

Apakah Anda suka mengoleksi barang-barang tertentu seperti buku, miniatur, atau barang-barang lainnya? Jika ya, maka Anda bisa menyusun barang koleksi tersebut dengan rapi di sebuah ruangan.

Anda hanya perlu menyusunnya dengan rapi sehingga bisa terlihat estetik dan nyaman saat berada di ruangan tersebut. Anda bisa menyusunnya dalam satu sisi dinding dengan meja dan lemari khusus. Tambahkan pencahayaan untuk memberi ambience.

Selain itu, adanya akuarium di sela-sela barang koleksi juga membuat suasana lebih hidup, Apalagi jika pencahayaan yang Anda buat sebelumnya diaplikasikan ke berbagai sudut ruangan. Ruang tersebut pastinya akan semakin indah dan menarik.

5. Desain Mid-Century

interior rumah dengan desain mid century

Sumber: Canva

Berikutnya, Anda juga bisa membuat rumah yang sederhana jadi lebih segar dan menarik dengan desain bergaya mid-century. Mid century sendiri merujuk pada tahun 1930 sampai dengan tahun 1960-an di Amerika.

Gaya mid century akan sangat pas menjadikan rumah sederhana milik Anda jadi lebih menarik dengan mengkombinasikan warna, tekstur, dan juga pola tertentu. 

Dengan begitu, Anda harus menentukan jenis perabot, warna cat, dan segala macamnya dengan tepat.

Beberapa toko furniture terkadang menyediakan perabot yang memiliki gaya mid-century. Cobalah untuk mengoleksi perabot-perabot tersebut dan mengimplementasikannya pada ruangan Anda di dalam rumah.

6. Interior Sederhana Rumah Tipe 36

interior rumah type 36

Sumber: Canva

Mungkin Anda sudah bosan dengan desain interior pada rumah-rumah tipe 36 yang sudah banyak beredar saat ini. 

Memang tidak banyak model yang bisa Anda terapkan untuk rumah dengan tipe ini, tetapi apa yang ada sudah cukup menarik untuk diterapkan.

Hanya dengan mengkombinasikan furniture minimalis, warna cat tembok yang netral, dan elemen kayu di beberapa bagian, sudah cukup untuk membuat ruangan jadi lebih menarik dan estetik meskipun dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

7. Interior Sederhana Nuansa Abu-Abu

interior rumah nuansa abu-abu

Sumber: Canva

Nuansa warna abu-abu memang memiliki kesan modern jika kita terapkan dalam sebuah ruangan. Warna ini bisa Anda terapkan pada berbagai sisi, mulai dari cat tembok, karpet lantai, sofa, atau bagian-bagian lainnya.

Tentu warna ini tidak bisa berdiri sendiri untuk membuat ruangan jadi lebih hidup. Silakan kombinasikan dengan warna putih di beberapa elemen lain untuk mendapatkan tampilan ruangan yang sederhana tapi menarik.

Untuk memberi kesan sederhana tapi modern, bagian jendela juga bisa Anda tutup dengan jenis roller blind. Dengan begitu, ruangan akan tampak minimalis dengan hanya mengandalkan warna dan beberapa furniture pilihan.

8. Ruangan dengan Jendela yang Luas

interior rumah dengan jendela luas

Sumber: Canva

Salah satu desain interior yang cukup menarik untuk kita eksplor adalah ruangan dengan jendela kaca yang luas. Alhasil, cahaya dari luar akan semakin banyak yang masuk dan memberi kesan terang di dalam ruangan.

Jika kondisi ruangan Anda seperti itu, maka cara mendesain interior rumah sendiri agar terlihat semakin menarik adalah memaksimalkan bagian yang terkena cahaya. Salah satunya, Anda bisa menempatkan berbagai tanaman di tepian jendela.

9. Ruang Sederhana dengan Kombinasi Warna Menarik

perpaduan warna pada interior rumah

Sumber: Canva

Unsur warna menjadi hal yang sangat penting dalam mendesain sebuah ruangan. Dalam hal ini, Anda bisa membuat interior rumah sederhana tapi menarik dengan menggunakan kombinasi warna-warna tertentu.

Salah satunya adalah kombinasi warna biru tosca dan putih yang bisa Anda terapkan di berbagai objek seperti karpet, sofa, lemari, dan sebagainya. Jika kombinasi tersebut kurang begitu menarik, Anda bisa menggunakan kombinasi warna lainnya.

10. Ciptakan Ruang Tamu Terbuka

ruang tamu dengan konsep luas

Sumber: Canva

Salah satu cara untuk menciptakan interior rumah sederhana yang menarik adalah dengan merancang ruang tamu yang terbuka. Gunakan warna-warna cerah dan furniture minimalis untuk menciptakan kesan lapang. 

Pilih perabotan yang multifungsi untuk mengoptimalkan penggunaan ruang. Dengan keterbatasan ruang rumah yang kecil, Anda sebenarnya bisa membuat ruang tamu tetap terbuka. Hal ini bisa Anda lakukan sendiri tanpa perlu jasa interior rumah.

Itulah beberapa inspirasi desain interior rumah sederhana tapi menarik yang bisa Anda terapkan di rumah sederhana. Ketepatan Anda dalam memilih furnitur dan juga warna adalah kunci sukses untuk menjadikan ruangan jadi lebih estetik.

Jual Beli Properti Rumah Apartemen Tanah